ITS News

Rabu, 07 Desember 2022
01 November 2022, 18:11

Tim Barunastra ITS Turut Hadir dalam Pameran Internasional Inamarine

Oleh : itsojt | | Source : -

Tim Barunastra ITS bersama produk kapal autonomus rancangannya di Pameran Inamarine 2022

Kampus ITS, ITS News — Pameran Inamarine yang memamerkan produk-produk maritim dari segala penjuru dunia kembali diadakan di Jakarta International Expo Kemayoran selama tiga hari, sejak Rabu (19/10) lalu. Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) turut hadir memeriahkan acara tersebut dengan memamerkan inovasi produk kapal berteknologi autonomus surface vehicle.

Kembali berlangsung secara luring setelah dua tahun pandemi, Pameran Inamarine tersebut diikuti oleh berbagai perusahaan dari dalam hingga luar negeri. Meskipun didominasi oleh berbagai perusahaan, terdapat dua perguruan tinggi yang mendapat kesempatan untuk turut serta dalam pameran berskala internasional tersebut, yakni ITS dan Politeknik Maritim Negeri Indonesia (POLIMARIN). 

General Manajer Tim Barunastra ITS, Nawab Aditya menjelaskan, ITS mengirimkan Tim Barunastra dalam Pameran Inamarine untuk memperkenalkan inovasi prototipe kapal berteknologi autonomus surface vehicle yakni kapal Nala Theseus. Dengan teknologi tersebut, kapal Nala Thesus ini berhasil menyabet juara 1 Autonomy Challenge pada kompetisi International Roboboat Competition (IRC) 2022 di Amerika Serikat.

Lebih lanjut, Nawab menjelaskan Nala Theseus didesain dengan konsep modular yang membagi kapal menjadi bagian-bagian kecil, sehingga dapat dimodifikasi dan diganti secara independen dengan modul lain. Konsep ini memberikan keunggulan karena dapat dengan mudah dibongkar pasang menyesuaikan tujuan yang diinginkan dan mempermudah pengiriman.

Menurut  Nawab, Pameran Inamarine ini sejalan dengan misi Tim Barunastra ITS yakni memajukan teknologi autonomus surface vehicle di skala internasional. Karenanya, Nawab  juga berhasil mendapatkan kesempatan untuk menjadi narasumber seminar yang menjadi rangkaian pameran tersebut.  “Kami menjelaskan teknologi autonomus surface vehicle dalam kapal kami, sehingga harapannya bisa diterapkan di industri,” jelasnya. 

Prototype kapal rancangan Tim Barunastra ITS dengan teknologi autonomus surface vehicle

Tidak lupa, Nawab juga menjelaskan bagaimana persiapan yang dilakukan oleh Tim Barunastra ITS dalam mengikuti Pameran Inamarine tersebut. Mahasiswa teknik elektro angkatan 2019 tersebut menjelaskan bahwa prototype kapal yang sebelumnya diikutkan lomba di Amerika tersebut akan dikemas per bagian terlebih dahulu sebelum dikirim ke Jakarta. Ketika sudah sampai, prototype kapal tersebut kembali disusun ulang. “Dalam pameran ini, kami memperkenalkan teknologi yang digunakan dalam kapal kami sehingga harapannya bisa diterapkan di industri,” jelas general manajer Tim Barunastra ITS ini.

Acara yang diselenggarakan selama tiga hari ini, tidak hanya diisi dengan pemeran produk maritim saja, namun juga terdapat seminar. Nawab berhasil mendapatkan kesempatan untuk menjadi narasumber pada seminar tersebut. Di seminar tersebut ia menjelaskan teknologi autonomus surface vehicle yang digunakan dalam kapal rancangan Tim Barunastra ITS. General manajer Tim Barunastra ITS ini juga menambahkan bahwa besar harapannya untuk bisa mengembangkan produk tersebut supaya bisa masuk ke ranah industri.

Tim Barunastra ITS kembali ikut dalam Pameran Inamarine secara offline setelah dua tahun

Nawab menambahkan bahwa mereka sangat senang karena bisa mendapatkan koneksi dari acara berskala internasional ini. Menurutnya, hal ini bisa memudahkan mereka untuk saling bertukar informasi terkait teknologi karena terdapat teknologi yang bisa diterapkan di Tim Barunastra ITS sebagai acuan ketika ingin masuk ke dunia industri.

Setelah mengikuti Pameran Inamarine selama tiga hari itu, Nawab menyampaikan harapannya supaya bisa membantu Indonesia dalam bersaing dengan teknologi maritim internasional. “Harapannya Tim Barunastra ITS juga bisa mengembangkan teknologi yang serupa atau bahkan lebih baik,” pungkasnya penuh harap. (*)

 

Reporter : ion20
Redaktur: Shinta Ulwiya 

Berita Terkait