ITS News

Rabu, 30 November 2022
29 Oktober 2022, 19:10

Pengembangan Potensi Energi Laut untuk Transisi Energi

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Prof Ir Mukhtasor MEng PhD saat menyampaikan materi pada Ocean Talk Webinar, Sabtu (22/10)

Kampus ITS, ITS News — Energi laut merupakan salah satu jenis energi baru dan terbarukan (EBT) yang masih minim dikembangkan di Indonesia. Guru Besar Teknik Kelautan ITS, Prof Ir Mukhtasor MEng PhD menekankan bahwa pengembangan potensi energi laut penting untuk transisi energi nasional. 

Menurut Mukhtasor, berbagai potensi energi laut di Indonesia seharusnya mampu memberi dampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Akan tetapi, pengembangan EBT di bidang laut yang masih minim menyebabkan potensi ini terus tersampingkan. 

Oleh karenanya, Mukhtasor meyakini, pengembangan energi laut dengan konteks transisi energi di Indonesia perlu dilakukan. Profesor ini menuturkan bahwa Indonesia telah memiliiki narasi transisi energi khas Indonesia yang tersusun pada Undang-Undang. “Namun, kebijakan tersebut harus ditekan akibat peran pemain asing.”, ujarnya.

Silvana Putri Loupatty (kanan), selaku moderator saat melakukan diskusi dengan Prof Ir Mukhtasor MEng PhD (kiri)

Ia berpendapat bahwa, saat ini, Indonesia harus mulai beralih ke EBT. Contohnya, Indonesia dapat mulai mengganti sumber pembangkit listrik konvensional dengan memanfaatkan arus laut. “Kondisi geografis Indonesia ini sangat mendukung pengembangan energi laut,” imbuh Mukhtasor.

Di sisi lain, Mukhtasor mengakui jika kondisi industri di Indonesia masih belum mendukung pengembangan teknologi pembangkit energi laut. “Oleh karena itu, perlu ada kolaborasi bersama antar elemen di lingkup nasional dan internasional dalam mengembangkan energi laut yang lebih berkelanjutan,” pungkasnya dalam Ocean Talk Webinar Teknik Kelautan ITS, Sabtu (22/10). (*)

 

Reporter: ion13
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait