ITS News

Rabu, 07 Desember 2022
28 Oktober 2022, 17:10

KKN ITS Beri Edukasi Pendidikan Karakter Siswa SD

Oleh : itsgan | | Source : ITS Online

Tim KKN Abmas DTKI ITS bersama siswa-siswa SDN Kedung Baruk

Kampus ITS, ITS News – Tim Kuliah Kerja Nyata Pengabdian kepada Masyarakat (KKN Abmas) Departemen Teknik Kimia Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dukung peningkatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar di Kecamatan Rungkut dan Wonokromo, Surabaya. Tim lakukan edukasi terkait aspek kebersihan, aspek literasi budaya pangan Indonesia, serta aspek ketahanan pangan.

Ketua Tim Mahasiswa KKN, Digda Haekal Alim menyampaikan, berdasarkan analisa kondisi lingkungan terkait kondisi pelajar dan guru di sekolah dasar di lokasi terkait, ketiga aspek tersebut mempengaruhi pendidikan karakter pelajar. Oleh karena itu, tim mengajukan solusi berupa program Vox Basket, Seleraku!, dan Budidaya Ikan Dalam Ember (BUDIKDABER) yang diterapkan dilaksanakan di SDN Penjaringansari II, SDN Rungkut Kidul 1, dan SDN Kedung Baruk. 

Lebih lanjut, mahasiswa yang akrab disapa Haekal ini mengungkapkan, program Vox Basket merupakan penyerahan unit tempat sampah otomatis yang dapat mengeluarkan suara ucapan terima kasih kepada siswa yang membuang sampah pada tempatnya. Tidak hanya itu, dilakukan pula sosialisasi terkait pentingnya menjaga kebersihan sekolah melalui pemutaran video yang menarik. “Diharapkan siswa akan semakin semangat untuk membuang sampah pada tempatnya,” ungkapnya.

Tim KKN Abmas ITS saat hendak menyerahkan Vox Basket di SDN Rungkut Kidul 1

Tidak ketinggalan, ia juga menerangkan Seleraku! sebagai program lainnya. Dikatakan olehnya, pada kegiatan ini dihidangkan berbagai macam makanan Nusantara. Harapannya, para siswa dapat mengetahui kekayaan kuliner Indonesia dengan rasa khas masing-masing daerah. “Kami mengemas kegiatan dengan permainan menarik sebagai media pembelajaran,” jelasnya.

Tim KKN DTKI ITS saat mempersiapkan kegiatan Seleraku! di SDN Rungkut Kidul

Adapun kegiatan BUDIKDABER. menurut Haekal, di sini siswa diberikan penyuluhan bagaimana membudidayakan lele dengan memanfaatkan ember. Dalam kegiatan ini, tim memberikan fasilitas BUDIKDABER untuk dapat digunakan siswa “Tidak hanya siswa, kami juga mengajak para guru untuk mengikuti kegiatan ini sebagai orangtua siswa di sekolah,” tambah Haekal.

Di sisi lain Kepala sekolah SDN Kedung Baruk, Reny Indaryati MPd menyambut baik kedatangan tim KKN Abmas DTKI. Para siswa SDN Kedung Baruk pun sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang berlangsung selama tiga bulan sejak Juli lalu ini. Haekal berharap kegiatan KKN di bawah bimbingan Daril Ridho Zuchrillah ST MT  ini dapat melancarkan pembelajaran siswa dan menanamkan nilai-nilai unggul pada siswa.(*)

 

Reporter: Gandhi Kesuma
Redaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait