ITS News

Senin, 28 November 2022
24 Oktober 2022, 20:10

Kembangkan Potensi Berwirausaha, UKM TDC Gelar Summit Fest 2022

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

(dari kiri) Ghifari Muhammad, Agus Maksum, Arif Susanto, Raymond Chin, dan Daffa Hafizh saat pemberian plakat pada TSF 2022

Kampus ITS, ITS News – Perdana dilaksanakan, Technopreneurship Development Center (TDC) menggelar acara tahunan bertajuk TDC Summit Fest (TSF) 2022. Mengangkat tema Accelerate Startup Fundamentals, TDC berupaya meningkatkan awareness mahasiswa yang tertarik dalam dunia entrepreneur dengan membawakan informasi seputar dunia bisnis. Dalam TSF ini, digelar pameran lima startup besutan TDC dan juga talkshow bersama dua narasumber yang bergerak di bidang kewirausahaan yakni Raymond Chin dan Arif Susanto.

Selaras dengan tema yang diusung, fokus utama acara ini adalah membangun kreativitas mahasiswa dalam berwirausaha. Event TSF memiliki tujuan untuk menggelorakan semangat dan menginspirasi para mahasiswa dalam bidang wirausaha. “Acara ini bertujuan agar para pemuda bisa mengembangkan usahanya seperti startup jebolan TDC ITS terdahulu yang sukses, seperti Zeniora, Lokapin dan sebagainya,” Ungkap Daffa sebagai ketua pelaksana.

Foto bersama lima pendiri startup yang berada di bawah UKM TDC ITS

Terdapat beberapa sub event, yang pertama adalah bisnis exhibition, memperkenalkan lima startup yang berada dibawah TDC ITS kepada khalayak umum, dengan tujuan memberikan gambaran seperti apa startup potensial yang menarik investor. Kelima nya yakni Etergi, Include, Alpha Academy, Lokapin, dan Drafta  yang memiliki fokus bidang masing-masing.

Yang pertama adalah Etergy yang berfokus pada bidang energi dalam meningkatkan keoptimalan bahan bakar solar dan mengurangi emisi karbon. Yang kedua adalah Include, sebuah startup yang bergerak di bidang pengelolaan hardware. Sedangkan yang ketiga, Alpha Academy yang merupakan media edukasi dengan tujuan untuk membekali mahasiswa yang sedang mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Selanjutnya adalah Lokapin, merupakan aplikasi tracking untuk melacak keberadaan hewan peliharaan. Dan yang terakhir adalah Drafta, stratup yang bergerak dalam sektor ketenagakerjaan dan pengembangan diri untuk mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja.“sehingga pada event ini memberikan wadah bagi para pendiri startup sebagai ajang mendebutkan karya mereka sebelum dipitching kepada pihak industri,” tutur Daffa

(dari kanan) Raymond Chin dan Arif Susanto saat talkshow pada acara TSF 2022

Dan sub event kedua, yaitu talkshow yang menghadirkan dua pembicara inspiratif yang namanya sudah cukup familiar di kalangan anak muda yakni Raymond Chin dan Arif Susanto. Keduanya membahas secara tuntas soal hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis, seperti fundamental dan pola pikir yang matang dalam berwirausaha. 

TSF dilaksanakan bertepatan dengan hari lahirnya TDC yang ke-29, dilakukan sebuah simbolisasi berupa pemotongan tumpeng untuk sebagai perayaan yang dilakukan oleh Agus Maksum, pendiri dari TDC. Lalu, dengan sub event terakhir berupa gelaran musik yang  mengundang Overjoy, Soul5ive, Exoum, G4, dan Poppinz Band, yang turut memeriahkan acara sekaligus menjadi penutup pada hari pertama. (*)

Pendiri TDC, Agus Maksum sedang melakukan prosesi pemotongan tumpeng sebagai simbolisasi perayaan HUT TDC ke-29

Reporter : ION23
Redaktur : Gita Rama Mahardhika

Berita Terkait