ITS News

Kamis, 28 Maret 2024
24 Oktober 2022, 19:10

Bantu BUMDes, Abmas ITS Implementasikan Mesin Pres Sampah Plastik

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Tim Abmas KKN bersama masyarakat Desa Sukorejo di lokasi Bank Sampah Mitra Grumining yang menjadi unit usaha BUMDes Mitra Sejati, Kabupaten Trenggalek

Kampus ITS, ITS News –  Bantu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kembangkan sistem pengelolaan Bank Sampah, tim Pengabdian kepada Masyarakat (Abmas) Departemen Teknik Elektro Otomasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) implementasikan mesin pres sampah plastik bagi BUMDes Mitra Sejati di Desa Sukorejo, Kabupaten Trenggalek.

Ketua tim Abmas ITS Dwiky Fajri Syahbana ST MT menjelaskan, program yang dirancangnya untuk meningkatkan nilai jual sampah ini akan membantu pengelolaan Bank Sampah Mitra Grumining yang merupakan salah satu unit usaha dari BUMDes Mitra Sejati. Untuk itu, tim Abmas yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Departemen Teknik Elektro Otomasi ini kembangkan mesin pres sampah plastik beserta aplikasi berbasis web terintegrasi.

Mesin pres yang dikembangkan dalam waktu kurang lebih dua minggu ini memiliki sistem kerja selayaknya dongkrak. Sampah plastik akan dicetak menjadi bongkahan plastik dengan berat tujuh kilogram. Padatan plastik yang telah dicetak tersebut kemudian diangkut ke pusat jual beli. “Dengan adanya mesin pres ini, proses penjualan yang dilakukan akan jauh lebih efisien,” terang dosen Departemen Teknik Elektro Otomasi tersebut.

Tak hanya mesin pres, Dwiky dan timnya juga kembangkan aplikasi berbasis web untuk mengelola bank sampah. Diberi nama PESAT, aplikasi tersebut dilengkapi fitur pemesanan dan penjemputan sampah ke rumah, pencatatan digital penyetoran sampah, serta penentuan harga sampah oleh petugas. “Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pencatatan transaksi yang sebelumnya manual, sehingga dapat meminimalisir kecurangan,” imbuhnya.

Fitur-fitur pada PESAT, aplikasi pengelolaan sampah terpadu ciptaan tim Abmas ITS

Untuk melengkapi fasilitas yang diberikan, tim Abmas ITS juga berikan pelatihan-pelatihan kepada pengelola bank sampah, pengurus BUMDes, serta perangkat desa setempat. Pelatihan penggunaan mesin pres dan pelatihan jenis-jenis sampah plastik sukses dilaksanakan Dwiky dan timnya langsung di lokasi Bank Sampah Mitra Gumrining. Selain itu, dilakukan juga pelatihan pemasaran produk yang berlangsung secara daring.

Sukses melaksanakan rangkaian kegiatan, Dwiky lantas berharap kegiatannya dapat membantu masyarakat menaikkan nilai jual produknya. Lebih dari itu, ia juga berharap program yang diusungnya dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan masyarakat. “Semoga hadirnya teknologi-teknologi dari ITS dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (*)

Reporter: ion13
Redaktur: Raisa Zahra Fadila

 

Berita Terkait