ITS News

Senin, 05 Desember 2022
21 Oktober 2022, 07:10

Rekrut Anggota Baru, UKM Robotika Bagikan Dasar Ilmu Elektronika

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online
Anggota tim Robotika ITS ketika menyampaikan materi mengenai elektronika di hadapan anggota baru

Anggota tim Robotika ITS ketika menyampaikan materi mengenai elektronika di hadapan anggota baru

Kampus ITS, ITS News — Sebelum terjun dan bergabung dengan tim-tim robot terbaik kampus perjuangan, anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) wajib memiliki bekal ilmu-ilmu dasar, khususnya elektronika. Oleh karenanya, hal tersebut dibagikan lewat Pelatihan Dasar Robotika pada Jumat (14/10) lalu.

Sekaligus sebagai ajang pengenalan, Ketua UKM Robotika ITS, Ghiyas Ash-Shidiqie mengatakan bahwa ada tiga divisi besar dalam tim-tim robotika di ITS. Di antaranya yaitu mekanika, pemrograman, dan elektronika. Untuk bisa memenuhi kualifikasi divisi elektronika, anggota baru harus mempunyai pemahaman mengenai rangkaian-rangkaian listrik secara umum. 

Selanjutnya, para peserta diajarkan mengenai penggunaan aplikasi Eagle. Dalam tim robotika, aplikasi tersebut digunakan untuk merangkai penghubung antar komponen elektronika atau biasa disebut Printed Circuit Board (PCB). “Kami juga ajarkan penggunaan aplikasi Proteus untuk membantu dalam proses pembuatan skematik elektronika,” jelas Ghiyas saat menyampaikan materi di Gedung Pusat Robotika ITS.

Ia melanjutkan, setelah diberikan bekal materi, peserta langsung mempraktikkan apa yang sudah diajarkan, yakni dengan membuat PCB sekreatif mungkin. “Kesempatan tersebut diberikan agar menjadi bukti bahwa mereka memiliki pemahaman sebelum memasuki tim robotika khususnya pada divisi elektronika,” jelas mahasiswa Departemen Teknik Komputer ini.

Pelatihan pada bidang elektronika ini sekaligus menutup rangkaian Pelatihan Dasar Robotika 2022 yang sudah terlaksana sebanyak tiga hari setiap minggu sejak Jumat (30/9). Selanjutnya, akan ada program rekrutmen terbuka bagi angkatan 2022 dari para tim robotika di ITS. Beberapa meliputi,  Abinara-1, ABU Robocon, Banyubramanta, IRIS, ICHIRO, Bayucaraka, Barunastra dsb.

Ghiyas mengaku, dirinya tidak menyangka para anggota baru sangat antusias untuk mengikuti serangkaian acara pelatihan dari awal hingga akhir. Dengan berakhirnya Pelatihan Dasar Robotika 2022 ini, ia juga berharap agar para anggota baru dapat mengeksplorasi bidang-bidang yang ada di robotika. “Sehingga mereka dapat menemukan minatnya masing-masing untuk mengikuti rekrutmen terbuka pada salah satu tim,” pungkasnya penuh harap. (*)

Para peserta Pelatihan Dasar Robotika 2022 saat menyimat materi ilmu dasar elektronika

Reporter: ion 8
Redaktur: Fatima Az Zahra

Berita Terkait