ITS News

Jumat, 09 Desember 2022
21 Oktober 2022, 07:10

Kembali Luring, Maba Cup 2022 Gaet Antusiasme Mahasiswa Baru

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Ketua Pelaksana Henry Anugerah Dharmawan saat memberikan sambutan di pembukaan Maba Cup 2022

Kampus ITS, ITS News — Ajang kompetisi tahunan antar mahasiswa baru, Maba Cup Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali digelar secara luring. Resmi dibuka pada Sabtu (15/10) lalu, acara ini sukses menarik antusiasme mahasiswa angkatan 2022 dalam berpartisipasi maupun unjuk potensi minat dan bakat masing-masing.

Sebagai Ketua Pelaksana, Henry Anugerah Dharmawan menuturkan, antusiasme mahasiswa baru (maba) salah satunya terbukti dengan seleksi pendaftaran panitia yang langsung diserbu oleh 2.465 pendaftar hanya dalam tiga hari. “Meski begitu, angkatan 2021 tetap turut andil dalam memberi arahan dan memimpin Maba Cup,” jelasnya.  

Membawa moto dari maba, oleh maba, dan untuk maba, ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh Lembaga Minat dan Bakat (LMB) ITS ini  tetap menjadi agenda tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan potensi minat dan bakat bagi mahasiswa baru. 

Henry mengungkapkan, tema yang dibawakan tahun ini adalah The Adventure Seeker. Mengambil visual desain bawah laut, diharapkan maba 2022 mampu menyelami birunya laut ITS dengan mengeskpresikan kemampuan yang dimiliki pada ajang Maba Cup.

Acara yang resmi dibuka di Gedung Pusat Robotika ITS ini menampilkan parade jenis lomba yang masuk ke dalam kompetisi. Jenis perlombaan tersebut di antaranya ialah band, bulu tangkis, basket, e-sport Mobile Legends, esai dan poster, serta stand up comedy. Menariknya, perlombaan stand up comedy adalah yang pertama dalam sejarah Maba Cup sejak diadakan tahun 2018.

Pada tahun ini juga terdapat divisi baru, yakni bidang pengembangan website Maba Cup 2022. “Bagian divisi ini memiliki tugas dalam mengelola informasi terbaru terkait Maba Cup yang diunggah pada laman website,” tutur Henry.

Lebih lanjut, alumnus SMAN 1 Lawang ini menjelaskan bahwa sebelumnya telah diadakan kompetisi pra-acara bagi mahasiswa baru, yakni perlombaan desain maskot untuk Maba Cup 2022. Sebagai pemenang, Made Agus Yoga Sastra Wiguna juga sekaligus menjadi orang dibalik pencipta maskot Maba Cup 2022 yang diberi nama Martin. Nama Martin sendiri memiliki arti maba always ready to win

Penyerahan hadiah kepada pemenang desain maskot Maba Cup 2022, Made Agus Yoga Sastra Wiguna

Menurut Henry,  dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, branding Maba Cup sukses menarik minat mahasiswa baru. Melihat antusiasme dari para mahasiswa baru, ia berharap agar semangat ini tetap konsisten hingga acara puncak Maba Cup 2022. “Semoga nilai-nilai dari kompetisi ini dapat diterapkan saat berkuliah di ITS,” ucap mahasiswa Departemen Teknik Lingkungan angkatan 2021 ini. (*)

 

Reporter: ion30
Redaktur: Fatima Az Zahra

Berita Terkait