ITS News

Selasa, 06 Desember 2022
12 Oktober 2022, 22:10

UKM Robotika Gelar Pelatihan Pemrograman untuk Anggota Baru

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online
Anggota Tim Robotika ITS ketika menyampaikan materi kepada anggota baru di Pusat Robotika ITS.

Anggota tim Robotika ITS ketika menyampaikan materi kepada anggota baru di Gedung Pusat Robotika ITS

Kampus ITS, ITS News – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar pelatihan serentak bagi anggota baru untuk memberikan bekal dasar dalam pengetahuan robotika. Diadakan secara luring di Gedung Pusat Robotika ITS, pelatihan ini berfokus pada pengajaran bahasa pemrograman.

Ketua UKM Robotika ITS, Ghiyas Ash-Shidiqie, mengatakan bahwa pelatihan ini diselenggarakan untuk memfasilitasi anggota baru yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam robotika. Anggota yang di departemennya tidak memiliki mata kuliah Dasar Pemrograman pun diharapkan juga mendapat ilmu baru dari kegiatan ini. “Sehingga yang awalnya ragu jadi lebih yakin melanjutkan minatnya di bidang robotika,” tambahnya.

Pelatihan pemrograman ini berfokus pada pengenalan ilmu dasar bahasa pemrograman C dan C++ dengan aplikasi Visual Studio Code. Bahasa pemrograman tersebut menjadi pengetahuan utama dalam riset dan pengembangan di UKM Robotika ITS. “Kami ajarkan dari nol sehingga tidak ada kesenjangan antara yang masih pemula dengan yang sudah jago,” jelas Ghiyas, sapaan akrabnya.

Tidak hanya pemberian materi, peserta pelatihan ini juga diberi kesempatan untuk melakukan simulasi secara langsung. Mereka ditantang untuk dapat menyelesaikan penugasan mengenai persoalan dalam bahasa pemrograman. “Kami juga ajarkan para peserta mengenai pentingnya kolaborasi antar tim yang tentunya akan bermanfaat nantinya,” ungkap mahasiswa Departemen Teknik Komputer ITS ini.

Para anggota baru UKM Robotika ITS yang fokus dalam mengikuti materi pelatihan

Salah satu peserta pelatihan fokus dalam mengikuti materi bahasa pemrograman C dan C++

Setelah dua tahun program pelatihan ini dilaksanakan secara daring akibat adanya pandemi Covid-19, tahun ini UKM Robotika ITS dapat kembali melaksanakan pelatihan secara luring. Antusiasme tinggi dari para anggota baru dapat terlihat dari jumlah kehadiran peserta yang mencapai lebih dari 400 peserta yang didominasi oleh mahasiswa baru angkatan 2022.

Ghiyas pun berharap dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta. Ia juga berharap antusiasme yang tinggi dari para peserta dapat bertahan hingga rangkaian pelatihan yang diadakan oleh UKM Robotika ITS selesai dilaksanakan. “Sehingga para anggota baru ini nantinya dapat meneruskan tradisi juara dari tim-tim robotika yang ada di ITS,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Ion 8
Redaktur: Septian Chandra Susanto

Berita Terkait