ITS News

Kamis, 08 Desember 2022
11 Oktober 2022, 10:10

Resmikan Kahati, ITS Dorong Sertfikasi Halal UMKM

Oleh : itsreg | | Source : ITS Online

Pemberian bukti fisik simbolis oleh Ketua Pelaksana KKN, Herdayanto Sulistyo Putro SSi MSi kepada salah satu pelaku UMKM Kahati, Sidoarjo

Sidoarjo, ITS News – Gerakan 1 Juta Sertifikat Halal oleh Kementerian Agama Indonesia, mendorong Pusat Kajian Halal (PKH) ITS meresmikan Kawasan Halal Taman Indah (Kahati) di Sidoarjo. Kawasan ini dibentuk khusus mendorong percepatan proses sertifikasi halal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Koordinator Lapangan KKN ini, Ardi Lukman Hakim menyampaikan bahwa kawasan halal Kahati membawa misi menjadi tolok ukur bagi kawasan lain agar fokus dalam mendapatkan sertifikasi halal dari UMKM-nya. “Selain itu, Kahati menjadi sarana promosi ITS sebagai pusat kajian halal,” ujarnya.

Terdapat empat UMKM lokal yang dibersamai tim KKN ITS dalam mendapatkan sertifikat halal, yakni produk sambal kemasan LaRisto, katering Omah Raya, produk jamu Banjoos, dan produk olahan nuget pisang Sepisang. “Kami membantu empat UMKM ini mendapatkan sertifikat halal dengan metode self-declare dan reguler,” terang mahasiswa Departemen Kimia ini.

Peresmian Kawasan Halal Taman Indah (Kahati) yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Herdayanto Sulistyo Putro SSi MSi dengan didampingi para dosen dan perwakilan dari pelaku UMKM Kahati

Ardi menjabarkan, metode self-declare merupakan suatu pernyataan status halal produk UMKM oleh pelaku usaha itu sendiri, namun tetap dilakukan pendampingan bersama PKH. Sementara itu, proses verifikasi halal metode reguler harus dilakukan bersama auditor sehingga penilaiannya lebih ketat. “Satu dari empat UMKM binaan kami mendapatkan sertifikasi (halal) dengan metode reguler,” sambungnya.

Lebih lanjut, untuk memudahkan pendataan hingga pengawasan proses sertifikasi halal, Ardi dan tim juga membuatkan laman gemeshalal.in. Ardi menjelaskan, laman tersebut tidak hanya bagi UMKM Kahati, tetapi juga untuk UMKM di kawasan lain yang ingin mendapatkan bantuan sertifikasi halal.

Koordinator Lapangan tim KKN, Ardi Lukman Hakim yang sedang memberikan sambutan pada acara peresmian Kawasan Halal Taman Indah (Kahati)

Peresmian kawasan Kahati yang dihelat di Balai RW Taman Indah, Minggu (2/10) lalu ini dihadiri oleh dosen antara lain Herdayanto Sulistyo Putro SSi MSi, Dr Yatim Lailun Ni’mah MSi PhD, Dr Ir Susy Budi Astuti MT, dan Aunurohim SSi DEA. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga melibatkan 13 mahasiswa Departemen Kimia dan 1 mahasiswa dari Departemen Teknik Informatika. (*) 

Reporter: Regy Zaid Zakaria
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait