ITS News

Rabu, 30 November 2022
28 September 2022, 20:09

Lebih dari Sekadar Hobi, Mahasiswa ITS Juarai Kompetisi Bridge se-Jawa Timur

Oleh : itsric | | Source : ITS Online

Achmad Nizar Kamal Zawawi dan Muhammad Amin (kiri) bersama perwakilan GABSI Jawa Timur serta peraih medali lain saat penyerahan juara pada Kelompok Umur (KU) 21 Bridge Piala Kemerdekaan Tingkat Jawa Timur, 4 September lalu

Kampus ITS, ITS News – Hobi Muhammad Amin dalam menggeluti olahraga Bridge membuahkannya prestasi. Amin berhasil merajai kompetisi Bridge kelompok umur 21 Piala Kemerdekaan tingkat Jawa Timur, 4 September lalu. 

Mahasiswa Departemen Teknik Informatika ini menjelaskan, Bridge merupakan permainan yang dimainkan oleh dua pasang orang. Permainan dengan media kartu remi tanpa joker ini sendiri terbagi menjadi dua fase permainan, yakni pada tahap bidding dan play. “Tahap bidding bertujuan untuk menentukan kontrak permainan dan tahap play guna memenangkan trik yang telah ditentukan sebelumnya,” jelasnya. 

Amin mengaku bahwa ketertarikannya pada permainan ini dikarenakan aspek kejutan di setiap permainan akibat beragamnya kemungkinan yang dapat terjadi. Selain itu, faktor pasangan juga turut menyumbangkan kemungkinan baru pada jalannya permainan. “Perubahan pasangan dapat membawa permainan ke alur yang berbeda akibat preferensi cara bermain masing-masing orang,” pungkasnya.

Muhammad Amin (berbaju merah) dan Achmad Nizar Kamal Zawawi (berbaju hitam) saat bertanding Bridge pada kompetisi yang diadakan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur

Bersama mahasiswa Departemen Teknik Elektro Otomasi ITS, Achmad Nizar Kamal Zawawi, Amin berlatih selama dua minggu. Bekal pelatihan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bridge ITS dan pengalamannya saat mengikuti 20 lomba Bridge turut berkontribusi pada raihannya pada lomba yang diselenggarakan oleh Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) Jawa Timur ini.

Selain latihan untuk meningkatkan sinergi dan kerjasama dalam tim, Amin juga berlatih secara mandiri untuk melatih kedisiplinan dan dasar-dasar dalam permainan. “Kedisiplinan dan pengetahuan dasar dalam bermain harus selalu diterapkan agar tidak melakukan blunder dan sekedar mengandalkan peruntungan untuk memperoleh poin,” bubuh mahasiswa angkatan 2020 ini.

Ke depannya, Amin mengatakan, ia akan terus mengikuti berbagai lomba yang tersedia guna mempersiapkan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bridge yang akan diadakan oleh GABSI Pusat. “Semoga pada Kejurnas Bridge nantinya dapat membawa pulang raihan emas untuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bridge ITS,” ujarnya penuh harap. (*)

 

Reporter: Ricardo Hokky Wibisono
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait