ITS News

Senin, 28 November 2022
28 September 2022, 19:09

Cegah Covid-19, ITS Gelar Wisuda Luring dengan Prokes Ketat

Oleh : itsgan | | Source : ITS Online

Para wisudawan ITS saat berdiri mengucapkan sumpah wisudawan ITS

Kampus ITS, ITS News – Seremoni wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali diadakan penuh secara luring. Berbagai upaya penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap konsisten diterapkan selama acara untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Kepala Unit Komunikasi Publik (UKP) ITS, Dr Rahmatsyam Lakoro SSn MT, menjelaskan upaya mengurangi kerumunan dilakukan dengan memisahkan tempat wisudawan dan orang tua. Pada wisuda kali ini, orang tua mahasiswa menonton prosesi wisuda melalui livestream yang telah disediakan di departemen masing-masing. “Jadi mereka juga tetap dapat mengikuti prosesi wisuda anak-anaknya yang berlangsung di graha,” tambahnya.

Para wisudawan pun juga langsung dikumpulkan di luar Graha Sepuluh Nopember ITS setelah menerima ijazah masing-masing. Dosen yang akrab disapa Ramok ini menambahkan, mahasiswa akan langsung dijemput dengan bus atau kendaraan untuk selanjutnya bergerak menuju departemen masing-masing. “Disini kami berharap tidak ada kerumunan terlalu lama dari proses wisuda,” tuturnya laki-laki asal Poso ini.

Dengan beberapa aturan tersebut, Graha Sepuluh Nopember ITS pun hanya akan dipergunakan sepertiga dari kapasitasnya. Panitia wisuda juga telah mengingatkan wisudawan untuk tetap menggunakan masker serta membersihkan tangan dengan hand sanitizer. “Semua ini diatur sebagai langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19 dalam prosesi wisuda,” terang dosen Departemen Desain Komunikasi Visual ITS ini.

ITS juga mengajak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya untuk meninjau tata cara pelaksanaan dan kesiapan prokes yang sudah disiapkan oleh ITS. Peninjauan yang telah berlangsung sejak lima hari sebelum wisuda ini dimaksudkan untuk mendapatkan kepastian kualitas protokol kesehatan yang akan diterapkan.

Ramok menambahkan bahwa protokol kesehatan akan tetap diperhatikan hingga wisudawan sampai di departemen masing-masing. Orang tua dan wisudawan akan tetap diatur sesuai protokol kesehatan oleh tim yang sudah disiapkan departemen masing-masing. “Para wisudawan juga diharap tetap berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan pada masa pandemi,” jelasnya. (*)

 

Reporter: Gandhi Kesuma
Redaktur: Septian Chandra Susanto

Berita Terkait