ITS News

Minggu, 02 Oktober 2022
15 September 2022, 12:09

ITS Dukung Akselerasi Jumlah Dosen S3 di Universitas Siliwangi

Oleh : itsfia | | Source : ITS Online

Foto bersama jajaran pimpinan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Siliwangi (Unsil) dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Gedung Rektorat ITS, Selasa (6/9)

Kampus ITS, ITS News – Guna mengakselerasi jumlah dosen yang mengikuti program doktoral, Universitas Siliwangi (Unsil) menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS), Selasa (6/9). Bertempat di Gedung Rektorat ITS, kegiatan tersebut menyepakati dukungan ITS melalui bimbingan doktoral dan saran dalam program Dosen Unsil Goes to Doctoral Study.

Pelaksana Harian Direktur Direktorat Sumber Daya Manusia dan Organisasi (DSDMO) ITS, Irhamah MSi PhD menuturkan, program tersebut merupakan keluaran dari hasil studi banding Unsil terhadap program Doctoral Study Bridging Camp yang sebelumnya telah dilaksanakan di internal ITS sejak tahun 2020. “Program ini menyasar dosen ITS yang belum menempuh studi doktoral,” ungkap Irhamah.

(dari kanan) Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng bersama Rektor Universitas Siliwangi UTM Prof Datuk Dr Ahmad Fauzi Ismail saat berdiskusi mengenai Program Dosen Unsil Goes to Doctoral Study

Dalam program yang digagas DSDMO dan Direktorat Kemitraan Global (DKG) tersebut, dosen yang bersangkutan akan mendapatkan bimbingan bahasa, seluk beluk riset doktoral, hingga persiapan beasiswa dan memilih universitas. “Hal ini pula yang hendak dilakukan oleh Unsil dan turut melibatkan ITS,” tutur dosen Departemen Statistika ITS tersebut.

Ia melanjutkan, kerja sama perdana antara ITS dan Unsil ini akan resmi berlangsung terhitung September 2022. Dengan pengalaman internal yang sebelumnya berhasil dilakukan, ITS akan membantu Unsil dalam merancang gambaran besar program hingga turut memberikan narasumber yang kompeten. “Kami (ITS dan Unsil, red) juga akan berkoordinasi terkait berbagai hal yang bersifat teknis,” jelas Irhamah.

Prosesi Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara ITS dan Unsil

Inisiasi ini pun turut disambut baik oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng. Bahkan dalam PKS yang merupakan lanjutan dari Memorandum of Understanding (MoU) terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi ini, dibahas pula potensi untuk mengirimkan dosen Unsil berkuliah S-3 di ITS. 

Ashari menuturkan pengiriman delegasi Unsil untuk melanjutkan studi doktoral tersebut juga sudah dapat dimulai dalam waktu dekat. “Tentu ITS sangat terbuka dengan adanya kerja sama yang semoga dapat meningkatkan jumlah dosen Unsil yang menempuh studi S-3,” tandasnya di akhir.(*)

 

Reporter: Fathia Rahmanisa
Redaktur: Muhammad Miftah Fakhrizal

Berita Terkait