ITS News

Jumat, 07 Oktober 2022
14 September 2022, 07:09

Abmas ITS Beri Pelatihan Pemrograman untuk Siswa SMA

Oleh : itsfi | | Source : ITS Online

Salah satu kelompok peserta pelatihan saat diskusi modul bersama mentor pembimbing

Kampus ITS, ITS News – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Abmas) Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) selenggarakan pelatihan pemrograman bagi siswa SMA Negeri 2 Surabaya. Pada kegiatan yang dihelat oleh Laboratorium Algoritma dan Pemrograman ini, siswa diajarkan tentang dasar, logika, serta algoritma pemrograman.

Koordinator KKN Abmas, Dyandra Paramitha menuturkan bahwa pelatihan ini bertujuan  memperkenalkan pemrograman kepada siswa-siswa yang duduk di bangku SMA. “Kita bekerja sama dengan SMAN 2 Surabaya dikarenakan memiliki pembelajaran tentang pemrograman sebelumnya,” tuturnya.

Dijelaskan Dyandra, peserta pelatihan mendapatkan satu modul pembelajaran setiap harinya selama empat hari pelatihan. “Karena peserta pelatihan merupakan siswa kelas sepuluh, kita berusaha membuat modul yang menarik dan mudah dimengerti oleh mereka,” ujar Dyandra.

Lebih lanjut, Dyandra mengungkapkan bahwa pada awal pelatihan, 32 peserta pelatihan dikenalkan tentang penggunan, manfaat, serta produk yang dihasilkan dari pemrograman bahasa C++. Selanjutnya, peserta dilatih cara menuliskan kode sintaksis dalam C++, pengenalan tipe data, pengkondisian, perulangan, dan string.

Sesi pemaparan informasi seputar Departemen Teknik Informatika ITS oleh tim Abmas kepada peserta pelatihan, yaitu siswa SMA Negeri 2 Surabaya

Masuk ke level yang lebih menantang, peserta kemudian turut diajarkan bagaimana membuat algoritma sorting dan searching. Selanjutnya, peserta belajar mengenai logika untuk menghasilkan keluaran yang sesuai dari permasalahan atau soal yang diberikan. “Logika adalah materi prioritas yang harus diajarkan untuk membangun suatu algoritma,” jelas mahasiswa angkatan 2019 itu.

Untuk itu, seluruh peserta dianjurkan membawa laptop agar materi bisa dipraktekkan secara langsung. Peserta juga dibagi ke dalam kelompok yang berisi empat orang dan satu mentor. “Cara ini dilakukan agar peserta tidak malu jika ingin bertanya serta lebih memahami materi yang diberikan,” ungkap mahasiswa Departemen Teknik Informatika itu.

Peserta pelatihan bersama tim Abmas di Aula SMA Negeri 2 Surabaya

Berlangsung selama empat hari sejak Senin (22/9), Dyandra dan tim Abmas berharap peserta bisa segera menemukan minatnya, terlebih jika ingin berkecimpung di bidang informatika. “Semoga kegiatan ini bisa menjadi titik awal mereka untuk belajar dan mengembangkan skill di bidang informatika secara lebih lanjut,” pungkas Dyandra. (*)

 

Reporter: Thariq Agfi Hermawan
Redaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait