ITS News

Sabtu, 03 Desember 2022
13 September 2022, 18:09

OMITS 2022 Apresiasi Para Jawara Matematika

Oleh : itsfa | | Source : ITS Online

Kepala Departemen Matematika, Subchan PhD, memberikan piagam penghargaan bagi pemenang OMITS 2022

Kampus ITS, ITS News Olimpiade Matematika ITS (OMITS) kembali sukses digelar oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Matematika (HIMATIKA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Tidak hanya menyelenggarakan kompetisi matematika, OMITS 2022 juga anugerahkan beasiswa kepada siswa berprestasi. 

Ketua Pelaksana OMITS 2022, Maria Roito Angelina merincikan bahwa ada 500 tim dari 16 region di Indonesia yang berpartisipasi dalam OMITS. Peserta yang terdiri dari siswa tingkat SD, SMP, dan SMA berkompetisi dalam olimpiade matematika yang dikemas dalam bentuk permainan strategi ini. Sedangkan bagi mahasiswa, diselenggarakan kompetisi kalkulus bertajuk Mathematics ITS Calculus Competition (MISSION).

Peserta jenjang Sekolah Dasar (SD) bersiap untuk mengerjakan soal matematika pada babak final OMITS 2022

Menurut mahasiswa angkatan 2019 ini, peserta OMITS memperebutkan tiga jenis piala bergengsi seperti helatan tahun sebelumnya. Setiap pemenang kategori jenjang lomba dianugerahi Piala Bergilir Presiden bagi juara pertama, Piala Bergilir Kemendikbud bagi juara dua, serta Piala Bergilir Gubernur bagi juara tiga. 

Pada kategori SD, juara pertama disabet oleh tim dari SD Luqman Al Hakim Surabaya. Sedangkan pada kategori jenjang SMP, juara pertama dimenangkan oleh tim dari SMP Luqman Al Hakim Surabaya. Adapun pada jenjang SMA, tim dari SMA Petra 1 keluar sebagai juara pertama. Untuk MISSION, I Komang Sadhu Gunawan dari Universitas Gadjah Mada merebut juara pertama setelah berada pada posisi ketiga pada perhelatan tahun sebelumnya.

Peserta MISSION OMITS 2022 berdiskusi menyelesaikan kasus matematika yang dikompetisikan

Tak hanya menyelenggarakan kompetisi, Maria menambahkan, OMITS mempertahankan tekadnya untuk mendukung pelajar berbakat yang kurang mampu secara finansial melalui penyaluran beasiswa OMITS Scholarship. Dijelaskan Maria, beasiswa ini terbuka bagi seluruh pelajar SD dan SMP di Indonesia. Peraih beasiswa tahun ini adalah Herlina Vike Anggreini dari SD Negeri Bence 3 Blitar.

Mewakili rekan panitia OMITS, Maria berharap OMITS akan selalu menjadi olimpiade matematika yang identik dengan permainan strateginya. Bagi teman-teman mahasiswa Departemen Matematika, ia berpesan untuk terus semangat menjadi garda terdepan mencerdaskan bangsa lewat berbagai acara. “Semoga OMITS menjadi salah satu ajang yang mendorong tingkat kecerdasan matematika pelajar Indonesia,” ujar Maria. (*)

 

Reporter: Difa Khoirunisa
Redaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait