ITS News

Rabu, 05 Oktober 2022
07 September 2022, 13:09

Intip Kiat Berkarir di Bidang IT ala CEO SEVIMA

Oleh : itsfi | | Source : ITS Online

Sugianto Halim SKom MKom saat materi tips berkarir di bidang Information and Technology (IT)

Kampus ITS, ITS News – Biasanya seorang mahasiswa baru (maba) memiliki deretan impian yang ingin diwujudkan setelah lulus kuliah. Seperti halnya mahasiswa yang banyak berkecimbung di dunia information and technology (IT) rata-rata ingin berkarir pada bidang yang sejalur. Maka dari itu, Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memfasilitasi maba dengan mengundang sosok yang berpengalaman untuk memberikan tips berkarir di bidang IT. 

Ialah Sugianto Halim SKom MKom yang kini menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) di PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA). Berdasarkan pemaparannya pada acara Orientasi Keilmiahan dan Keprofesian Berbasis Kompetensi (OKKBK), terdapat tiga tips yang dapat diterapkan untuk sukses berkarir dan berwirausaha di bidang IT.

Pertama, seseorang itu harus memiliki sikap yang baik. Menurut Halim, percuma saja memiliki kompetensi yang mumpuni jika tidak bersikap baik. Karena good attitude menjadi prioritas utama seseorang dalam berkarir di bidang IT. “Karena mereka harus bisa mengkomunikasikan ilmunya kepada masyarakat secara luas,” tuturnya.

Pemaparan materi tips berkarir di bidang IT oleh Halim pada OKKBK mahasiswa baru Teknik Informatika ITS angkatan 2022

Selanjutnya, lulusan di bidang IT harus siap untuk menjadi long life learner. Teknologi yang terus berkembang mendorong mereka untuk selalu mempelajari teknologi terbaru setiap harinya, bahkan setelah masa kuliah telah selesai. “Jadi, lulusan IT harus tetap bisa mengasah ilmu teknologi secara cepat agar tidak ketinggalan zaman,” terang alumni Departemen Teknik Informatika ITS itu.

Halim menjelaskan poin terakhir, di mana ketika berkarir di dunia IT dibutuhkan soft skills agar bisa beradaptasi di dunia pekerjaan. Tak hanya kemampuan teknikal saja, melainkan juga dituntut untuk memiliki skill komunikasi yang baik. Diantaranya seperti communication, problem solving, analytical, creativity, resourceful, perseverance, dan teamwork. Dengan soft skill, lulusan di bidang IT akan lebih siap untuk menyelesaikan permasalahan serta menuangkan ide-ide kreatif di perusahaan maupun industri. 

Para peserta OKKBK, yaitu mahasiswa baru Teknik Informatika ITS angkatan 2022

Halim berharap, para mahasiswa bisa mempraktekkan tips-tips yang diberikan dengan mengikuti berbagai program, salah satunya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Sehingga mereka bisa terjun langsung ke dunia industri dan merasakan lingkungan kerja yang sesungguhnya,” pungkas Halim. (*)

 

Reporter: Thariq Agfi Hermawan
Redaktur: Najla Lailin Nikmah

Berita Terkait