ITS News

Jumat, 07 Oktober 2022
26 Agustus 2022, 20:08

Mahasiswa ITS Raih Juara Pertama Kompetisi Tender Cup Nasional

Oleh : itsly | | Source : ITS Online

Tim CT-Grid ITS saat sesi pengumuman juara di babak final Kompetisi Tender Cup Nasional 2022

Kampus ITS, ITS News – Tiga mahasiswa Departemen Teknik Infrastruktur Sipil raih juara pertama dalam kejuaraan tender Civil National Expo 2022. Wisnu Ari Pradana, Akbar Eka Cahyono, dan Laela Kuni Muntavingah berhasil membawa pulang gelar pasca mengikuti kompetisi oleh Ikatan Mahasiswa Sipil Universitas Tarumanegara 20 Mei lalu.

Ketua tim, Wisnu memaparkan bahwa ia dan tim menggunakan metode site instalation yang menawarkan konsep pembangunan rumah pada sebidang tanah dengan ukuran relatif kecil. “Kami coba fokus memperhatikan optimalisasi pemilihan bahan dan efisiensi biaya,” tuturnya.

Pemaparan metode site instalation yang digagas oleh tim CT-Grid dalam kompetisi tender, Civil National Expo 2022

Alhasil, Wisnu dan tim memilih stick on wall pada bagian dinding bangunan guna meminimalisir limbah. Lebih lanjut, penggunaan stick on wall lebih efisien, mudah dipasang, memiliki daya rekat baik, mudah dirawat, serta konsisten bebas retak.

Dalam proses pemasangan beton, Wisnu dan tim mengolaborasikan metode building information modelling (BIM) dengan high early concrete. Hasilnya, kedua metode ini mampu mempersingkat waktu pengerasan beton. “Prosesnya berkinerja tinggi sehingga penggunaan alat pemadatan beton manual dapat diminimalisir,” imbuhnya.

Lebih dalam, mahasiswa ini mengaku bahwa tantangan terbesar dalam perjuangan timnya ini terletak pada proses perancangan. Sebagian besar materi seputar tender baru diperoleh mahasiswa saat menginjak semester atas. “Oleh karenanya, kami harus kerja ekstra dengan berdiskusi dan konsultasi pada dosen,” sambungnya.

Ke depannya, Wisnu dan tim ingin terus mematangkan wawasan mereka dalam kompetisi tender. Tidak hanya itu, ketiganya ingin menyempurnakan pengaplikasian inovasi terkini agar semakin layak direalisasikan. (*)


Reporter: Shauma Aulya Zahra
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait