ITS News

Jumat, 07 Oktober 2022
11 Agustus 2022, 22:08

Unjuk Gigi Siswa lewat Bridge Construction Competition

Oleh : itsthi | | Source : ITS Online

Poster lomba Bridge Contruction Competition (BCC), cabang lomba DVillage ITS 2022

Kampus ITS, ITS News – Ajang tahunan Departemen Teknik Infrastruktur Sipil ITS, DVillage 2022 diisi dengan ragam lomba, salah satunya Bridge Construction Competition (BCC). Dalam kompetisi ini, ITS mewadahi siswa SMA sederajat unjuk gigi di bidang teknik sipil.

Ketua Pelaksana DVillage ITS 2022, Firman Saputra menyebutkan, BCC merupakan kompetisi rancang bangun replika jembatan dengan memanfaatkan material stik es krim. Selain mengukur kekuatan struktur jembatan, Firman berkata, ada dua faktor penting lain dalam penilaian. “Kami juga menantang peserta menghasilkan prototipe (jembatan) yang indah dengan dimensi sesuai,” tuturnya.

Lebih lanjut, Koordinator BCC, Maulana Ibnu Hafiduddin memaparkan bahwa peserta BCC DVillage ITS 2022 merupakan tim beranggotakan dua sampai tiga personel. Setiap tim akan memulai perlombaan dengan menyetorkan proposal perancangan jembatan. “Nantinya, kami akan menyaring hasil tersebut untuk menentukan finalis yang akan bertarung di Kampus ITS Manyar 8 Oktober mendatang,” tuturnya.

Salah satu contoh replika buatan yang dirancang oleh peserta secara offline di Kampus Manyar pada lomba Bridge Contruction Competition (BCC) tahun 2019.

Selain tiga juara utama, Maulana menyebutkan, terdapat tiga gelar lain yang dapat diperebutkan oleh finalis, yakni kategori Jembatan Terkuat, kategori Perakitan Tercepat, dan kategori Juara Favorit. “Juara Favorit ini akan diberikan kepada sekolah yang paling banyak mengirimkan tim untuk berlomba,” paparnya.

Setelah dua tahun kompetisi ini terpaksa digelar daring, Firman berharap, BCC tahun ini dapat membangkitkan semangat berlomba para siswa. Ia dan tim optimis, BCC dapat membantu para siswa SMA/sederajat dalam mengembangkan minat dan potensinya di bidang Teknik sipil. “Baik dari aspek keilmuan maupun relasi,” pungkas Firman. (*)

 

Reporter: Nurul Lathifah
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait