ITS News

Selasa, 09 Agustus 2022
31 Juli 2022, 18:07

Galakkan Peduli Lingkungan, ITS Edukasi Masalah Sampah

Oleh : itswan | | Source : ITS Online

Anggota Kelompok Pecinta dan Pemerhati Lingkungan (KPPL) Departemen Teknik Lingkungan ITS sedang menjelaskan materi pemilahan sampah, Sabtu (30/7)

Kampus ITS, ITS News – Permasalahan sampah masih menjadi momok bagi masyarakat. Berusaha mengentaskannya, sekelompok mahasiswa Departemen Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menginisiasi kegiatan edukasi memilah sampah di area Kalisari, Mulyorejo, Sabtu (30/7).

Mengusung tema Solid Waste Management Project Into Community, kelompok mahasiswa angkatan 2021 ini fokus memilah jenis sampah padat saja. Menurut ketua pelaksana, Renaldo Lazuardy, kondisi timbulan sampah di sekitar Kalisari terbilang masif. “Oleh karenanya, kami rasa kampung ini merupakan sasaran yang tepat dari program kami,” ujarnya.

Redo, sapaan akrabnya, menuturkan bahwa kegiatan ini turut menggandeng Kelompok Pecinta dan Pemerhati Lingkungan (KPPL) ITS. Bersama, mereka membawakan materi seputar sampah padat, termasuk permasalahan, penanganan, dan cara memilah sampah. “Kami juga membagikan beberapa paket alat tulis atas antusiasme peserta,” imbuh Redo.

Salah satu dosen Departemen Teknik Lingkungan ITS, Deqi Rizkivia Radita ST MSc turut aktif menyimulasikan pemilahan sampah, Sabtu (30/7)

Tidak sebatas memaparkan materi, acara berlanjut dengan kegiatan simulasi memilah sampah pada tempat-tempat sampah komunal yang disediakan kelompok mahasiswa ini. Guna memberi teladan yang tepat, beberapa dosen Departemen Teknik Lingkungan ITS turut andil membantu mempraktikan metode memilah sampah. “Sampah-sampah yang dikumpulkan dari kampung kami pilah ke dalam wadah organik, plastik, dan kertas,” sambungnya.

Terakhir, Redo berharap agar kegiatan kaderisasi hasil rancangan mahasiswa angkatan 2021 ini dapat membantu masyarakat Kalisari dalam menuntaskan masalah sampah di lingkungannya. “Kami akan bantu pantau masalah sampah pasca kegiatan edukasi secara berkala ke depannya,” pungkasnya mengakhiri. (*)

Reporter: Irwan Fitranto
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait