ITS News

Jumat, 12 Agustus 2022
28 Juli 2022, 20:07

Pentingnya Implementasi Teknologi Digital untuk Sektor Minerba

Oleh : itsly | | Source : ITS Online

Manager Pertambangan & Geologi PT Sampulu Adijaya Prakasa, Umar Rivaldy Pulukandang (kiri) saat memaparkan materi dalam webinar ISOMETRIC 2022

Kampus ITS, ITS News – Sektor mineral dan batubara (minerba) memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan perekonomian negara. Akan tetapi, optimalisasi sumber daya mineral lewat teknologi digital masih belum maksimal. 

Dalam paparannya, Manager Pertambangan & Geologi PT Sampulu Adijaya Prakasa, Umar Rivaldy Pulukandang menyampaikan bahwa pemanfaatan teknologi digital di bidang minerba masih terbatas. Padahal, pemanfaatan teknologi digital dapat meningkatkan nilai tambah produk minerba dalam negeri. “Jika digitalisasi sudah maksimal, tentu dapat membawa manfaat besar bagi perekonomian negara,” tutur Umar.

Pemaparan Umar terkait resiko dan sensitivitas dari kondisi industri pertambangan indonesia saat ini

Saat ini, Umar menambahkan, ada beberapa hambatan dalam proses investasi sektor minerba di Indonesia. Di antaranya ialah keterbatasan akses informasi geologis, ketidakpastian peraturan pemerintah, jaminan kepemilikan yang rendah, hingga distribusi perpajakan yang kurang kompetitif. 

Umar meyakini, hambatan tersebut mampu teratasi dengan pemanfaatan teknologi digital. Dalam kasus ini, Umar menyontohkan, pemerintah dapat memanfaatkan digitalisasi sektor minerba untuk mengembangkan kebijakan energi tepat guna. 

Ia berharap, penerapan teknologi digital ini tidak sebatas memantau kondisi neraca perdagangan di sektor minerba, namun juga membuka investasi sektor mineral dengan sasaran yang lebih luas. “Oleh karenanya, mengembangkan sumber daya mineral penting dilakukan guna menyongsong kemajuan bangsa,” pungkasnya dalam webinar ISOMETRIC ITS, 26 Juni lalu. (*)

Reporter: Shauma Aulya Zahra
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait