ITS News

Senin, 08 Agustus 2022
07 Juli 2022, 08:07

Tingkatkan Kualitas SDM ITS Bersama Talent Pooling 2022

Oleh : itsayi | | Source : ITS Online

Tendik ITS mengikuti program Talent Pooling 2022 di Gedung Menara Sains ITS

Kampus ITS, ITS News – Upaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) terus berlanjut. Salah satunya lewat program Direktorat Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) ITS di bidang manajerial untuk tenaga kependidikan (tendik), Talent Pooling 2022.

Wakil Rektor III bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi Sistem Informasi, DrEng Ir Ahmad Rusdiansyah MEng menyatakan bahwa Talent Pooling 2022 merupakan wujud pengembangan manajerial secara berkala. “Dari sana, ITS berupaya memperoleh database perihal kualifikasi dan kompetensi terkini dari seluruh tendik,” sambungnya.

Pria yang akrab disapa Doddy ini melanjutkan, fokus utama program pengembangan tersebut terletak pada excellent management and resources. “ITS harus aktif membentuk SDM yang siap menjawab tantangan global yang terus berkembang,” ungkapnya.

Wakil Rektor III Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi Sistem Informasi, Dr Eng Ir Ahmad Rusdiansyah MEng saat menjelaskan Talent Pooling 2022

Doddy menjelaskan, Talent Pooling berbeda dengan seleksi jabatan atau promosi pada umumnya. Dari program ini, lanjutnya, ITS mengumpulkan seluruh lapisan tendik dengan masa kerja minimal empat tahun guna membentuk talent sesuai dengan kebutuhan organisasi. “Program kami fokus memperkuat SDM meskipun tanpa jaminan menduduki jabatan tertentu,” serunya.

Lebih dalam lagi, dalam program Wiyata Kinarya ini, ITS meminta talent untuk memilih bidang yang sesuai dengan minat mereka. Selanjutnya, institut akan mengarahkan minat setiap tendik sesuai dengan kebutuhan organisasi (ITS, red). “Program ini memberikan keleluasaan bagi tendik dalam berorganisasi,” jelas dosen Departemen Teknik Sistem dan Industri ini.

(dari kanan) Kepala Subdirektorat Pengembangan dan Evaluasi SDM ITS Dr Irhamah S Si MSi, Wakil Rektor III Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi Sistem Informasi, Dr Eng Ir Ahmad Rusdiansyah MEng, dan Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng saat menyampaikan sambutannya lewat platform daringDalam prosesnya, Doddy melanjutkan, Talent Pooling 2022 terdiri dari beberapa tahap. Setelah mendaftar, talent akan mengikuti rangkaian leadership training dan public speaking training. Kemudian berlanjut ke tahap personal and managerial competency assessment, pengembangan program inovasi dan karier individu sesuai minat bakat, dan diakhiri dengan mapping talent.

Dengan rencana pemetaan kompetisi ini, Doddy berharap agar terjadi perkembangan kinerja dari seluruh lapisan tendik. “Ke depannya, kami akan terus mengembangkan SDM ITS agar mampu berkarier dengan jelas, terstruktur, dan sesuai kebutuhan organisasi,” pungkas Doddy. (*)

Reporter: Rayinda Santriana U S
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait