ITS News

Jumat, 19 Agustus 2022
04 Juli 2022, 06:07

Tampil Konsisten, RIDER ITS Kembali Menangkan KRAI 2022

Oleh : itssil | | Source : ITS Online

Sujud syukur salah satu anggota Tim RIDER ITS atas keberhasilannya mencetak skor unggul dan memenangkan KRAI 2022.

Kampus ITS, ITS News – Mendulang prestasi yang memukau, Tim RIDER Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mengantongi titel juara pertama dalam Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).  Sang robot ABU ini telah mampu bergerak sigap dan cerdas untuk menuntaskan misi pertandingan dan berhasil mengalahkan Tim GARUDAGO asal Instiut Teknologi Bandung (ITB), Minggu (3/7).

Tak berhenti pada babak 16 besar, Tim RIDER terus mengibaskan kehebatannya pada posisi delapan tim terbaik. Perjalanan Tim RIDER di babak delapan besar dimulai dengan bertemu Tim HEROES kebanggaan Universitas Gadjah Mada sebagai oposisi. Pada babak ini, Tim RIDER berhasil mencetak skor 75 dan unggul melawan Tim HEROES. 

Berlanjut memasuki babak semifinal, Tim RIDER ditandingkan dengan Tim ABUROBONEMA dari Politeknik Negeri Malang. Saat timer menunjukkan waktu kurang dari 5 detik, robot RIDER berhasil menyusun tumpukan balok. Terus berjalan hingga akhirnya Tim RIDER kembali unggul lagi dengan skor 75 dan Tim ABUROBONEMA mengantongi skor 65. Pertandingan ini cukup sengit mengingat selisih skor yang terbilang tipis. 

Upaya robot Tim RIDER dalam menyusun tumpukan balok dengan cepat

Kemudian, babak final pun tiba. Penentuan yang sangat menguras perhatian dan menimbulkan kecemasan para penonton yang turut menyaksikan. Hadir dengan kekuatan penuh, segenap civitas ITS optimis akan kemenangan Tim RIDER mengingat kiprahnya yang sering mengantongi gelar juara. Berlanjut pada babak final, Tim RIDER melawan Tim GARUDAGO dari Institut Teknologi Bandung dengan mendulang skor akhir 75 untuk Tim RIDER dan 40 untuk tim lawan. Robot otomatis milik ITS ini berhasil menumpuk balok saat timer menunjukkan waktu kurang  dari 12 detik. 

Ketua Tim RIDER, Adam Mail menyampaikan kebahagiaannya atas kemenangan yang menjadi buah dari kerja keras tim. Menurut Adam, RIDER memiliki makna yang mengandung harapan yaitu ITS Robot Goes to New Delhi for Real. Dimana New Delhi yang ada di India sendiri merupakan tuan rumah ABU Robocon Asia-Pasifik. Terbukti, dengan kemenangan mereka ini semakin mendekatkan mereka pada mimpinya. “Semoga dengan kemenangan ini, Tim RIDER semakin meningkatkan prestasi dan mempertahankan juara gelar KRAI Nasional,” ujar mahasiswa Departemen Teknik Elektro ITS tersebut.  (*)

Reporter: Silvita Pramadani
Redaktur: Astri Nawwar Kusumaningtyas

Berita Terkait