ITS News

Selasa, 09 Agustus 2022
03 Juli 2022, 21:07

Tim RIVAL ITS Kembali Taklukkan KRTMI di Ajang KRI 2022

Oleh : itsfa | | Source : ITS Online

Tim RIVAL Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berpelukan sebagai selebrasi memenangkan juara I kategori Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022

Kampus ITS, ITS News — Memasuki babak final, Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional 2022 kian memanas. Mempertahankan posisinya dari tahun kemarin, Tim RIVAL kebanggan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali berhasil menyabet posisi pertama dalam kategori Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) mengalahkan Tim RR EL GANADOR dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Minggu (3/7).

Sama seperti tahun sebelumnya, KRTMI tahun ini mengusung tema permainan tradisional berupa dam. Kali ini, ITS unjuk taring dengan menaklukkan lawan hanya dalam dua putaran. Pada putaran pertama, ITS berhasil unggul dengan 68 poin mengalahkan UMS dengan 47 poin. Lebih menguatkan strateginya pada putaran kedua, ITS berhasil menyusun koin secara menjajar pada area lawan dan menang secara dam.

Tim RIVAL ITS ketika berhasil memenangkan putaran pertama babak final KRTMI pada KRI 2022 dengan skor sebesar 68

Memenangi pertandingan di tahun ini, Tim RIVAL berhasil mempertahankan tahtanya sebagai jawara di divisi KRTMI dalam ajang KRI tingkat nasional sejak tahun 2020. Tak cukup satu juara, tim ini pun memenangkan kategori Desain Terbaik dari tim lainnya. Tim yang terdiri dari Rama Wisnu Wirananda, Ilyas Farell Fawwazy, Benedict Ethan Filbert Tandra, dan Syachrilo Amar Ma’ruf ini merasa lega karena mendapat hasil yang terbaik dan membanggakan almamater.

Permainan dam memang memiliki dua kategori kemenangan dengan memperhatikan bobot poin pada setiap titik persimpangan. Tim akan mendapat tiga poin apabila meletakkan koin dam pada titik terdekat dari home dan poin tertinggi senilai sembilan apabila koin dam berhasil diletakkan di area lawan yang menjadi titik terjauh. Namun, apabila tim mampu menyusun tiga koin secara sejajar pada area lawan, maka dapat langsung dinyatakan sebagai pemenang.

Tim yang terdiri dari gabungan mahasiswa Departemen Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Instrumentasi ini mengaku sudah melakukan berbagai percobaan strategi yang optimal. Termasuk taktik service dan revenge selama dua minggu terakhir. “Karena kategori KRTMI tidak hanya mengandalkan spesifikasi robot, tapi juga dari strategi,” ujar Rama, salah satu anggota tim.

tim RIVAL ITS sedang bertanding permainan dam dalam kategori KRTMI KRI 2022

Dilingkupi rasa senang luar biasa, Tim RIVAL mengakui kesuksesan mereka dalam pertandingan KRTMI datang dari usaha, doa, serta restu orang tua.  Mereka pun akan terus menanti tantangan baru yang bisa diberikan oleh KRI tahun-tahun berikutnya guna perkembangan penerus mereka.  “Semoga jenis permainan pada kategori KRTMI KRI tahun depan bisa lebih variatif lagi agar kami bisa terus berkembang,” tutup mereka. (*)

Reporter: Difa Khoirunisa
Redaktur: Muhammad Miftah Fakhrizal

Berita Terkait