ITS News

Selasa, 09 Agustus 2022
03 Juli 2022, 20:07

Tim Abinara-1 ITS Raih Juara Ketiga Pada KRSRI 2022

Oleh : itsbim | | Source : ITS Online

Robot hasil karya tim Abinara-1 ITS berhasil dalam melewati arena rintangan piramida KRSRI 2022

Kampus ITS, ITS News – Tim Abinara-1 ITS berhasil meraih juara ketiga kategori Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) dalam gelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022, Minggu (3/7). Tim besutan UKM Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini sanggup bersaing memperebutkan puncak klasemen mengungguli 21 tim lawan. 

Ketua tim Abinara-1 ITS, Reyhan Adinathan Wibowo mengatakan bahwa perjuangan yang harus dilalui olehnya dan tim tidak mudah. Ia mengakui, banyak rintangan yang harus ia hadapi bersama tim untuk mencapai kesuksesan tersebut. “Kami merasakan perubahan yang sangat signifikan sejak lomba, baik itu secara strategi maupun suasana lomba,” ucapnya.

Reyhan menjelaskan, Abinara-1 ITS harus bersaing dengan tim Gareng Punk Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebelum berhasil mengunci gelar juara ketiga. Dalam laga tersebut, mereka berhasil menuntaskan tantangan dalam waktu 136 detik. “Waktu tersebut termasuk rintangan pemadaman api, penyelamatan korban, dan lainnya secara berkesinambungan,” tuturnya.

Perebutan juara ketiga yang dilakukan oleh tim Abinara-1 ITS dengan tim Gareng Punk UNY

Dalam prosesnya, mahasiswa Departemen Teknik Elektro ITS ini membeberkan bahwa rintangan yang paling berkesan ialah saat di medan jalur tanjakan. Hal tersebut lantaran robot mereka berjalan di satu tempat dan kesulitan bergerak lebih jauh lagi. “Meskipun demikian, kami berhasil menuntaskan rintangan lain dengan sangat baik,” ujarnya bersyukur.

Meski tidak dapat merebut juara pertama, Abinara-1 ITS bertarung cukup baik hingga di titik penghabisan. Mereka harus rela kalah poin dari juara pertama tim Eilero Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan juara kedua tim DOME Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). “Kami akan berjuang lebih keras dan melambungkan nama ITS lebih tinggi di kesempatan berikutnya,” janji Reyhan mengakhiri. (*)

Reporter: Bima Surya Samudra
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait