ITS News

Senin, 08 Agustus 2022
03 Juli 2022, 00:07

ITS Andalkan ICHIRO dan IRIS untuk Jadi Juara dalam KRSBI 2022

Oleh : itssil | | Source : ITS Online

Persiapan yang dilakukan anggota tim ICHIRO saat robot andalannya hendak memasuki lapangan dalam pertandingan KRSBI

Kampus ITS, ITS News – Tak hanya kelistrikan, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) 2022 memperkenalkan kemahiran robot di bidang olahraga. Pertandingan yang termasuk kedalam rangkaian Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022 ini terbagi menjadi humanoid (KRSBI-H) dan beroda (KRSBI-B). Ikut bertanding, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengandalkan ICHIRO pada KRSBI-H. Sedangkan pada KRSBI-B ITS menjagokan IRIS untuk sabet juara final.

KRSBI berfokus pada strategi bermain, metode visualisasi dan lokalisasi terhadap bola, lapangan, gawang dan robot-robot lawan. Sistem KRSBI ini masih sangat strategis untuk terus menjadi salah satu unggulan sarana edukasi dan ajang berlatih kreativitas mahasiswa di bidang rekayasa robotika.

Pada KRSBI-B, diawali dengan pertandingan Tim SAKERA jagoan dari Universitas Trunojoyo Madura melawan BERTUAH-X22 jagoan dari Universitas Riau. Pada putaran ini, skor perolehan akhir adalah 0-0. ITS sendiri, mengandalkan tim IRIS sebagai jagoannya di KRSBI-B. Pada kesempatan ini, IRIS bertanding dengan ADMIRAL tim andalan dari Universitas Islam Indonesia. IRIS mengakhiri pertandingan unggul dengan skor 2-0.

Suasana pertandingan antar tim perguruan tinggi di KRSBI B

Sementara itu, KRSBI H pertama dibuka dengan pertandingan antara BARELANG FC tim dari Politeknik Negeri Batam melawan R-SCUAD dari Universitas Ahmad Dahlan.  Pertandingan ini berakhir dengan skor 1-0 diungguli BARELANG FC.  ICHIRO kebanggaan ITS juga berusaha memberikan yang terbaik. Pada putaran pertama, ICHIRO mengungguli skor 4-0.

Saat putaran kedua, ICHIRO kembali memimpin skor dengan lawan 2-0. Hal ini membuat ICHIRO optimis akan melanjutkan KRSBI H pada perempat final besok. Di akhir, putaran ketiga ditutup dengan R-SCUAD dengan MIDUN asal Politeknik Negeri Padang. Perolehan skor akhir yaitu 0-0. 

Upaya robot dari ICHIRO untuk mencetak gol pada gawang lawan dalam ajang KRSBI H

Hasil akhir KRSBI-H membawa tim kebanggaan perguruan tinggi ke perempat final (8 besar).  Pada perempat final, ICHIRO akan bertemu KRAKATAU FC dari Universitas Teknokrat Indonesia. ICHIRO akan berjuang hingga babak final esok hari. (*)

Reporter: Silvita Pramadani
Redaktur: Muhammad Miftah Fakhrizal

Berita Terkait