ITS News

Rabu, 17 Agustus 2022
02 Juli 2022, 19:07

Tim Rider ITS Amankan Posisi 16 Besar KRAI 2022

Oleh : itssil | | Source : -

Tim Rider ITS memamerkan robot karyanya dalam ajang KRAI 2022

Kampus ITS, ITS News   Diwakili oleh tim Rider, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) resmi masuk 16 besar penyisihan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2022. Helatan ini merupakan rangkaian dari Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Nasional yang di gelar di Kampus ITS sejak Jumat (1/7) lalu.

Dalam pertandingan, robot ABU bertugas untuk menyelesaikan misi sesuai tema pertandingan. Tema pada KRAI 2022 adalah “Lagori”. Lagori merupakan permainan tradisional asal India yang merupakan tuan rumah ABU Robocon Asia-Pasifik. Terinspirasi dari permainan tersebut, tim robot secara bergantian akan menjadi hitter (pemukul) dan seeker (pencari). Tim seeker harus menghancurkan tumpukan balok dan menumpuknya sesuai urutan asli. Sementara hitter bertugas melempar bola untuk mencegah seeker menumpuk bola. 

Pada penyisihan pertama, tim Rider ITS berhadapan dengan tim LADALLE dari Universitas Negeri Makassar. ITS berhasil mengungguli tim lawan dengan perolehan skor 75-25. Selanjutnya, tim Rider ITS kembali unggul saat melawan tim kebanggaan Universitas Negeri Yogyakarta, MAESTRO EVO, dengan perolehan skor 65-25.

Hasil pertandingan KRAI pada Sabtu (02/07) dan akan berlanjut pada Minggu (03/07) 

Oleh karena itu, tim Rider asal ITS bersama 15 tim lainnya resmi melaju ke babak 16 besar esok hari. 16 tim tersebut dibagi menjadi dua grup. Tim Rider asal ITS akan bersaing di grup Biru bersama Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas PGRI Semarang, Universitas Sanata Dharma, Politeknik Negeri Jember, Universitas Ahmad Dahlan, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Islam Sultan Agung.

Adapun grup lainnya adalah grup Merah yang terdiri dari Politeknik Negeri Malang, Universitas Jember, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Telkom, Universitas Negeri Surabaya, dan Politeknik Negeri Perkapalan Surabaya.

Rintangan yang harus diselesaikan pada KRAI yaitu menghancurkan tumpukkan balok

Pertandingan akan dilanjutkan dengan penyisihan 16 besar, penyisihan 8 besar, semi final, hingga final pada esok hari. Pada putaran terdekat, ITS dengan tim RIDER kebanggaannya akan berhadapan dengan tim INVICTO asal Universitas Brawijaya. (*)

Reporter: Silvita Pramadani
Redaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait