ITS News

Kamis, 11 Agustus 2022
26 Juni 2022, 18:06

Satu Lagi, IKOMA ITS Resmikan Creative Co-Working Space Baru

Oleh : itsric | | Source : ITS Online

Foto bersama jajaran pimpinan ITS dan IKOMA ITS pada saat grand launching CCWS, Jumat (24/6)

Kampus ITS, ITS News Masa perkuliahan tidak lepas dari kebutuhan mahasiswa akan tempat yang nyaman untuk berkreasi dan belajar. Guna menunjang kebutuhan tersebut, Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IKOMA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sekali lagi resmikan hadirnya Creative Co-Working Space (CCWS) yang baru, setelah CCWS Perpustakaan ITS. Peresmian ini digelar lewat grand launching CCWS, Jumat (24/6).

Ketua IKOMA ITS 2018-2022, Ir Bambang Witjaksono MMT menyampaikan, CCWS baru ini bertempat di samping K1-Mart. Lokasi yang strategis karena berdekatan dengan asrama mahasiswa serta fasilitas olahraga ITS, CCWS menjadi jawaban untuk mengakomodir aktivitas mahasiswa selama di kampus. Dengan adanya bangunan ini, mahasiswa dapat memiliki tempat berkreasi dan belajar yang lebih nyaman. “Sekarang, mahasiswa tidak perlu repot mencari tempat untuk mengerjakan tugas hingga berdiskusi,” ujarnya. 

Tak hanya itu, Bambang melanjutkan, halaman gedung dua lantai dengan kapasitas 120 kursi ini juga dirancang untuk menjadi tempat bagi mahasiswa menyalurkan kreativitasnya. Kegiatan seperti penampilan pentas maupun karya seni akan dapat digelar di lahan sekitar CCWS. “Lahan yang tersedia dapat difungsikan untuk memfasilitasi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa, red) yang membutuhkan tempat pentas, ” urainya. 

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng dan Ketua IKOMA ITS 2018-2022 Ir Bambang Witjaksono MMT menggunting pita secara simbolis sebagai bentuk selesainya pembangunan gedung CCWS

Pembangunan gedung dengan luas sekitar 500 meter persegi ini turut melibatkan sivitas ITS dalam pembangunannya. Perencanaan keseluruhan dari bangunan ini menggandeng dosen dari Departemen Desain Interior ITS yakni Lea Kristina Anggraeni ST MDs dan mahasiswa. “Sedangkan untuk pengelolaan dan operasional lebih lanjut akan melibatkan Direktorat Kerjasama dan Pengelolaan Usaha (DKPU) ITS,” bubuhnya. 

Bambang mengungkapkan, penggarapan gedung yang dimulai sejak Oktober lalu ini, sempat terhambat oleh pandemi COVID-19 yang masih menjamur. Selain itu, pembangunan dengan sifat design and build menjadi salah satu hal yang memerlukan waktu selama pengerjaannya. “Konsep ini membuat penyesuaian perencanaan gedung membutuhkan waktu lebih lama untuk memastikan hasil yang optimal,” tuturnya.

Senada dengan Bambang, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng mengungkapkan, pembangunan CCWS ini menjadi salah satu pelengkap fasilitas kampus dalam menyediakan tempat bagi mahasiswa untuk mengisi waktu, belajar, dan membuka kreativitas.

Ashari, sapaan akrabnya, berharap bahwa pengoperasian dari CCWS ini nantinya mampu memberikan guna kepada berbagai pihak yang terlibat di dalamnya. Terlebih lagi, bagi mahasiswa yang tengah menjalankan studinya di ITS. “Semoga lewat fasilitas ini, para mahasiswa selalu nyaman dan makin cepat dalam belajar sehingga makin cepat juga turun ke masyarakat,” tutupnya penuh harap.(*)

Suasana lantai dua dari gedung CCWS dalam perancangannya mulai dari desain gedung, interior, hingga pencahayaannya melibatkan dosen Departemen Desain Interior ITS Lea Kristina Anggraeni ST MDs

Reporter: Ricardo Hokky Wibisono
Redaktur: Shinta Ulwiya

Berita Terkait