ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
25 Mei 2022, 18:05

ITS Resmikan Program S2 Magister Sains Manajemen

Oleh : adminwebits | | Source : its.ac.id
Kaprodi Pascasarjana Manajemen Bisnis ITS Muhammad Saiful Hakim SE MM PhD

Kaprodi Pascasarjana Manajemen Bisnis ITS Muhammad Saiful Hakim SE MM PhD

Kampus ITS, ITS News – Sebagai salah satu institusi yang meningkatkan kualitas manusia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus berkembang untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas bagi para mahasiswa maupun calon mahasiswanya. Kali ini, Departemen Manajemen Bisnis (MB) ITS secara resmi hadirkan Program S2 Magister Sains Manajemen (MSM).

Kepala Program Studi (Kaprodi) Pascasarjana MB ITS Muhammad Saiful Hakim SE MM PhD mengatakan, program ini dibentuk sebagai salah satu upaya MB ITS untuk membentuk lulusan yang terampil dalam bidang akademik. Ia menambahkan bahwa S2 MSM ITS memiliki keunikan sendiri yang membedakan dengan Magister Manajemen Teknologi (MMT) ITS.

Menurut lelaki yang akrab disapa Saiful tersebut, MSM ITS memberikan pengalaman yang berupa academic-oriented dibandingkan MMT ITS yang lebih bersifat practical-oriented kepada mahasiswanya. “Persamaan yang kami hitung antara MMT ITS dengan MSM ITS adalah sebesar 11 persen,” jelasnya. Ia juga menambahkan bahwa MSM ITS menawarkan spesialisasi ilmu manajemen bisnis dibandingkan institusi lainnya.

Tak hanya itu, dosen Departemen MB ITS tersebut menjelaskan bahwa tesis yang dihasilkan oleh MSM ITS dan MMT ITS akan memiliki perbedaan yang signifikan. Yakni, bila di MSM ITS judul tesis cenderung mengembangkan keilmuan yang dapat diaplikasikan pada beberapa perusahaan. Sedangkan untuk MMT ITS, tesis lebih mengarah pada penyelesaian suatu permasalahan spesifik di suatu perusahaan yang ada dalam filosofi riset bisnis.

Lebih lanjut, dikatakan Saiful, MSM ITS memiliki sasaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki profesi menjanjikan, seperti konsultan bisnis, peneliti, wirausahawan, dan berbagai profesi lainnya. “Tentu terdapat beberapa syarat untuk lulus di program ini, seperti mampu menghasilkan tesis, menghasilkan produk penelitian ternama, dan syarat-syarat lainnya,” paparnya.

Struktur pilar keilmuan yang akan ditempuh di Program S2 Magister Sains Manajemen ITS

Struktur pilar keilmuan yang akan ditempuh di Program S2 Magister Sains Manajemen ITS

Dengan 40 jumlah satuan kredit semester (SKS) yang harus ditempuh, MSM ITS juga menawarkan beberapa mata kuliah pilihan yang menarik. Di antaranya adalah manajemen keuangan internasional, pemasaran antar bisnis, manajemen rantai pasok, analisa investasi, dan beberapa mata kuliah lainnya. “MB ITS siap untuk mendidik dan membimbing para mahasiswa S2 nantinya dengan dosen yang kompeten dan fasilitas yang memadai,” ujarnya.

Terakhir, Saiful berharap bahwa S2 MSM ITS nantinya akan menciptakan lulusan yang berkualitas untuk masyarakat luar. “Kami berharap dengan terwujudnya program studi ini, banyak calon mahasiswa yang semakin antusias untuk melanjutkan studi mereka, khususnya di bidang manajemen bisnis,” tandasnya dengan penuh harap. (HUMAS ITS)

Reporter: Bima Surya Samudra

Berita Terkait