ITS News

Jumat, 19 Agustus 2022
19 Mei 2022, 10:05

Menariknya Jadi Mahasiswa Program Internasional FTEIC ITS

Oleh : itsfia | | Source : ITS Online
Pemaparan beberapa universitas mitra program internasional FTEIC-ITS

Pemaparan beberapa universitas mitra internasional FTEIC-ITS

Kampus ITS, ITS News  – Menjadi seorang mahasiswa program internasional memang identik dengan beragam fasilitas eksklusif. International Undergraduate Program (IUP) dari Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) siap memberikan kesempatan internasionalisasi dan pengalaman menarik yang lebih pada mahasiswanya.

FTEIC dan Komitmen Internasionalisasinya

FTEIC atau juga dikenal sebagai Electics pada tahun 2022 ini telah membuka program IUP pada tiga program studi (prodi). Ketiganya yakni prodi sarjana Teknik Elektro, Informatika, dan Sistem Informasi. Prodi tersebut telah siap karena masing-masing telah mengantongi akreditasi internasional dari Asean University Network-Quality Assurance dan Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik.

Komitmen internasionalisasi yang ditawarkan FTEIC tercermin dari deretan kampus partner kerja sama program internasional yang dimilikinya. Kampus-kampus tersebut beberapa di antaranya Universiti Teknologi Petronas di Malaysia, Asia University di Taiwan, Shibaura Institute of Technology di Jepang, Fontys University di Belanda, hingga Curtin University di Australia.

Banyaknya kemitraan internasional yang ada meningkatkan kesempatan internasionalisasi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa IUP. Selain itu, program ini bersifat wajib dan mahasiswa IUP diberikan kebebasan untuk mengikuti berbagai jenis program, mulai dari pertukaran pelajar hingga magang di perusahaan luar negeri.

Testimoni beberapa Mahasiswa Prodi Sistem Informasi ITS Program IUP saat mengikuti joint degree di Universiti Teknologi Petronas (UTP), Malaysia

Pengalaman Internasionalisasi Mahasiswa FTEIC

Mahasiswa prodi Sistem Informasi, Tristanto Rachmadi menuturkan pengalamannya mengikuti program double degree di Universiti Teknologi Petronas (UTP), Malaysia. Double degree atau yang populer juga dengan sebutan joint degree memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan gelar ganda saat menempuh pendidikan sarjana dari ITS dan universitas luar negeri. 

Lebih dari sekadar paham teori, Tristan berujar bahwa program internasional di UTP ini menuntutnya untuk mengikuti sesi praktikum untuk menguji pemahaman secara lebih komprehensif. “Melalui program double degree ini aku juga berkesempatan mengikuti program magang di tahun terakhir perkuliahan,” imbuh Tristan.

Kisah menarik juga datang dari Putri Jelita Mirnafandi, mahasiswa Teknik Elektro yang mengikuti program pertukaran pelajar di Peter the Great St. Petersburg Polytechnic University, Rusia. Putri mengungkapkan bahwa mengikuti pertukaran pelajar membuatnya dapat melihat berbagai fenomena dalam bidang yang digelutinya dari kaca mata negara luar. “Misalnya melalui perbandingan dari beberapa negara di Eropa yang membuatku dapat melihat keilmuan secara global,” jelasnya.

Mahasiswa Teknik Elektro Program IUP angkatan 2019, Putri Jelita Mirnafandi membagikan pengalamannya menjadi mahasiswa program IUP

Tak melulu mengikuti internasionalisasi dalam kegiatan akademik, Putri juga aktif mengikuti organisasi Institute of Electrical and Electronic Engineering (IEEE) ITS Student Branch. Melalui organisasi mahasiswa tersebut, Putri bersama rekannya telah mengadakan kegiatan berskala nasional maupun internasional. Mulai dari kunjungan perusahaan, studi banding dengan IEEE Student Branch di universitas luar negeri, hingga webinar yang menghadirkan pembicara dari berbagai negara.

Selain Putri, ada pula Khairi Wiryawan dari prodi Informatika yang turut membagikan kisahnya saat mengikuti program kursus singkat (summer course) di Asia University 2021 lalu. Khairi yang mengambil mata kuliah Artificial Intelligence pada summer course ini mengungkapkan bahwa program sejenis ini dapat mengasah minat mahasiswa pada lingkup keilmuan yang lebih spesifik.

Persiapan Masuk Program IUP ITS

Dengan berbagai kesempatan menarik di atas, tak dipungkiri biaya pendidikan kelas internasional memang lebih tinggi dibandingkan kelas reguler. Meskipun begitu, saat ini telah banyak universitas luar negeri mitra ITS yang memberikan kesempatan belajar di tempat mereka tanpa tambahan biaya pendidikan lagi, serta berbagai kebijakan ITS lainnya yang memudahkan mahasiswa melakukan internasionalisasi.

Saat ini pun, ITS kembali membuka pendaftaran IUP untuk gelombang II yang akan berlangsung hingga 29 Mei 2022 mendatang dan akan disusul dengan gelombang III yang dibuka pada 13 Juni 2022. Informasi selengkapnya terkait proses penerimaan dapat diakses melalui laman https://admission.its.ac.id/. (*)

Reporter: Fathia Rahmanisa
Redaktur: Gita Rama Mahardhika

Berita Terkait