ITS News

Selasa, 16 Agustus 2022
13 Mei 2022, 18:05

ITS Gelar Upacara Peringatan Hardiknas

Oleh : itsfey | | Source : ITS Online
Suasana pengibaran bendera merah putih dalam upacara peringatan Hardiknas 2022 di Plaza Dr Angka ITS

Suasana pengibaran bendera merah putih dalam upacara peringatan Hardiknas 2022 di Plaza Dr Angka ITS

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dihadiri oleh dosen dan tenaga kependidikan (tendik) ITS di Plaza Dr Angka ITS, Jumat (13/05).

Berdasarkan pedoman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hardiknas 2022 mengusung tema Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar ini. “Dalam dua tahun ini, kita mampu melewati tantangan akibat pandemi serta memimpin pemulihan dan kebangkitan pendidikan di Indonesia,” tutur Wakil Rektor I ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT saat membina upacara.

Wakil Rektor I ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT saat membina upacara peringatan Hardiknas 2022

Lebih lanjut, dalam pembacaan pidato yang disusun oleh Kemendikbudristek, lelaki yang akrab disapa Adi ini juga menyampaikan bahwa Kurikulum Merdeka yang telah dirancang saat ini menjadi upaya perubahan untuk membantu para tenaga pendidik dan siswa maupun mahasiswa untuk mengurangi dampak pembelajaran akibat pandemi. “Ribuan anak di Indonesia kini dapat belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdakakan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, kualitas pendidikan juga terus ditingkatkan menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman pendidikan yang dulunya bertujuan untuk menghukum. Saat ini, pendidikan menekankan dalam kebebasan berekspresi sehingga sudah tidak ada lagi batasan ruang dalam menggerakkan pemajuan pendidikan dan kebudayaan. “Perubahan positif ini telah digaungkan hingga ke negara luar melalui konferensi tingkat tinggi G20,” ujar dosen Departemen Teknik Elektro ITS ini.

Tearakhir, upacara yang juga dipimpin oleh Resimen Mahasiswa (Menwa) ITS Marhaen Aryo Seta ini ditutup dengan kobaran semangat yang diberikan oleh Adi untuk dosen dan tendik ITS. “Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari kita terus memimpin pemulihan bersama dan bergerak untuk merdeka belajar,” pungkasnya.

Upacara yang dipimpin oleh Menwa ITS Marhaen Aryo Seta serta dihadiri oleh dosen dan tendik ITS

Reporter: Frecia Elrivia Mardianto

Redaktur: Gita Rama Mahardhika

Berita Terkait