ITS News

Kamis, 11 Agustus 2022
30 April 2022, 16:04

Potret Euforia Sahur dan Berbuka Ramadhan di ITS

Oleh : itsqih | | Source : ITS Online

Panitia RDK 43 saat membagikan takjil untuk berbuka puasa di Masjid Manarul Ilmi.

Kampus ITS, ITS News Dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan di tengah minggu perkuliahan, Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI ITS) menggelar acara Ramadhan di Kampus (RDK) ke-43. Rangkaian acara RDK ditujukan untuk menyebarluaskan dan menghidupkan syiar Islam di lingkungan kampus ITS. 

Salah satu agenda yang menyita perhatian adalah kegiatan sahur dan buka bersama yang diselenggarakan setiap hari selama bulan puasa. Ketua Pelaksana RDK 43, M Zaim Husnun Niam menjelaskan, kegiatan ini bermaksud untuk melayani umat Islam di lingkungan kampus terutama para mahasiswa yang menjalankan ibadah puasa. “Dengan bantuan dari jamaah sendiri, kami dapat menyediakan serta menyalurkan makanan untuk sahur dan berbuka,” tambahnya.

Untuk mendapatkan makanan sahur dan berbuka, jamaah dapat langsung menuju Masjid Manarul Ilmi dan mengantre santapan sahur. Saat sahur, jamaah dapat mulai menunggu untuk penerimaan kudapan sekitar pukul 03.00 dinihari. Adapun untuk buka puasa, diberlakukan sistem pengambilan kupon makan sembari mendapatkan takjil untuk membatalkan puasa. Kupon makan dapat ditukarkan setelah pelaksanaan shalat Magrib berjamaah.. “Pengambilan makanan berbuka dan sahur dilakukan di serambi kanan untuk pria dan serambi kiri untuk wanita,” terang Zaim. 

Tadarus Al-Quran yang dilakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Selama pelaksanaannya, Zaim menilai bahwa kegiatan berjalan lancar dan jemaah menunjukkan antusiasme yang besar terhadap kegiatan ini. Hal tersebut dibuktikan dengan makanan yang tersedia untuk dibagikan kepada jemaah selalu habis setiap harinya. “Target kami selalu ingin mencukupi kebutuhan jemaah yang ingin sahur dan berbuka bersama di Masjid Manarul Ilmi dengan menyediakan sekitar 200 makanan,” ujar mahasiswa Departemen Statistika ITS tersebut. 

Selain menikmati kudapat untuk sahur dan berbuka puasa, jemaah juga dapat menghadiri kegiatan lainnya dalam rangkaian RDK. Seperti halnya, kajian setiap subuh dan tarawih, khataman Al-Quran, dan berbagai lomba yang menarik. “Kegiatan diharapkan dapat melingkupi seluruh elemen di ITS sehingga mereka tetap dapat merasakan suasana Ramadhan di Kampus yang berkesan,” tutupnya. (*) 

Reporter: Faqih Ulumuddin
Redaktur: Astri Nawwar Kusumaningtyas

Berita Terkait