ITS News

Jumat, 07 Oktober 2022
15 Februari 2022, 13:02

Selaraskan Kebijakan Akademik, Langkah Nyata ITS Menuju WCU

Oleh : itstri | | Source : ITS Online

Senat Akademik ITS berfoto bersama pada agenda Rapat Kerja yang berlokasi di Grand Whiz Hotel Trawas

Kampus ITS, ITS News— Sebagai organ Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang memiliki andil dalam kebijakan dan pengawasan bidang akademik, Senat Akademik (SA) terus berupaya meningkatkan kerjanya di tahun yang baru ini. Melalui rapat kerja awal tahun, SA masih tetap dalam misinya yang sejalan dengan Rektor untuk menjadikan ITS sebagai perguruan tinggi kelas dunia.

Pada rapat kerja yang dipimpin oleh Ketua SA, Prof Dr Syafsir Akhlus MSc ini, membahas tentang evaluasi pelaksanaan tugas dan wewenang SA sebagaimana yang diamanatkan oleh Statuta ITS Pasal 47 ayat 1 selama tahun 2021 lalu. Menurut dosen yang akrab disapa Akhlus tersebut, evaluasi ditujukan dalam hal materi maupun protokolnya. “Kinerja SA pada 2021 sudah baik, khususnya mendukung program Rektor serta aturan-aturan yang berhubungan dengan bidang keakademikan,” jelasnya.

Terlebih menurutnya, SA pun telah memberikan kontribusi secara signifikan baik kepada Rektor maupun sejawat SA di Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) lainnya. Pada rapat yang dilaksanakan secara hybrid ini turut dipaparkan program kerja ITS tahun 2022 secara singkat oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng. “Paparan tersebut diharapkan akan menjadi masukan bagi SA dalam penyusunan Program Kerja SA pada tahun 2022,” terang Guru Besar Kimia Fisika ini.

Perlu diketahui bahwa dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, SA yang berjumlah 65 orang ini untuk membentuk lima komisi yang menjalankan tugas-tugas secara spesifik. Lima komisi tersebut adalah komisi 1 bidang akademik dan kemahasiswaan; komisi 2 bidang kelembagaan dan sumber daya; komisi 3 bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, inovasi dan kerjasama; komisi 4 bidang professor; serta komisi 5 bidang vokasi.

Setelah mendapat penjelasan tentang strategi program kerja ITS tersebut, Akhlus menugaskan seluruh komisi yang ada di SA termasuk komisi harian untuk segera menerjemahkan butir-butir paparan Ketua SA dan Rektor menjadi program dan kegiatan yang laik kerja (workable) di setiap komisi. “Target kami di tahun 2022 ini terhadap setiap komisi adalah optimalisasi fungsinya masing-masing,” tutur Dosen Pengampu Laboratorium Kimia Material dan Energi ITS tersebut.

Menurut Akhlus, nantinya SA akan fokus pada penyelarasan perangkat aturan. Utamanya mengenai aturan internal SA dan aturan-aturan yang berkenaan dengan bidang akademik. Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan perkembangan terkini kebijakan kementerian. “Khususnya yang berkaitan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” tambahnya pada rapat kerja yang  bertempat di Grand Whiz Hotel Trawas ini.

Sebagai penutup, Akhlus dan pimpinan SA lainnya berupaya untuk terus mendorong peran aktif seluruh anggota pada setiap keputusan yang dihasilkan oleh SA. Utamanya sebagai ketua SA, dirinya berharap fungsi SA sebagai sejawat Rektorat dapat memberikan kemudahan laluan kepada seluruh jajaran Rektorat. “Terlebih dalam menjalankan misi memajukan ITS menuju Entrepreneurial University with World Class Reputation,” pungkasnya. (*)

Reporter: Astri Nawwar Kusumaningtyas
Redaktur: Gita Rama Mahardhika

Berita Terkait