ITS News

Senin, 20 Mei 2024
21 Januari 2022, 15:01

SRE ITS Ajak Pemuda Atasi Masalah Perubahan Iklim

Oleh : itsmeg | | Source : ITS Online

Natasha Keniraras ST (kiri bawah), Devina S Raditya ST MSc(UP) (kanan atas), dan Agung Feinuddin ST MSE (kanan bawah) saat melakukan sesi diskusi pada Grand Talkshow Futurest 2022

Kampus ITS, ITS News – Guna meningkatkan kesadaran generasi muda akan perubahan lingkungan, Society Renewable Energy (SRE) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuat sebuah langkah khusus. Yakni dengan mengadakan talkshow bertajuk The Urgency of Climate Change Mitigation untuk memicu minat pemuda dalam menyelesaikan masalah lingkungan.

Dalam sambutannya, Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menyampaikan bahwa isu lingkungan bukan sekedar masalah yang harus diselesaikan masyarakat atau pemerintah saja. “Permasalahan ini harus mendapatkan perhatian dari seluruh stakeholder, utamanya perguruan tinggi,” ucap guru besar Teknik Elektro ini.

Ashari melanjutkan, dengan diselenggarakan kegiatan ini, mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat. Sehingga melalui Futurest 2022 ini akan melahirkan ide-ide baru dan menyiapkan generasi pemimpin yang memahami pentingnya mitigasi perubahan iklim. “Serta dapat membuat inovasi untuk mengurangi faktor penyebab perubahan lingkungan,” tambahnya.

Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, Rektor ITS, ketika memberikan sambutan dalam Grand Talkshow Futurest 2022

Talkshow yang diselenggarakan pada Sabtu, (15/1) lalu ini merupakan serangkaian acara dari Future Energy Submit (Futurest) 2022. Program ini fokus pada transformasi energi melalui eksplorasi potensi energi terbarukan. Pencanangan acara ini dicanangkan untuk membangun kesadaran pemuda dalam memberikan kontribusi pemecahan permasalahan lingkungan di Indonesia.

Acara ini mengundang tiga pemateri hebat dengan segudang pengalaman di bidang lingkungan. Pertama ialah Natasha Keniraras ST, Miss Indonesia Nusa Tenggara Barat (NTB) 2018 sekaligus pemenang Best Paper Award pada International Seminar on Ocean and Coastal Engineering, Environmental, and Natural Disaster (ISOCEEN) 2020. Alumni Departemen Teknik Kelautan ITS ini membawakan materi tentang bagaimana kesadaran masyarakat tentang isu perubahan iklim yang terjadi.

Pemaparan materi perspektif bisnis menuju implementasi energi terbarukan oleh Devina S Raditya ST MSc(UP)

Selanjutnya, pada materi kedua dibawakan oleh Devina S Raditya ST MSc(UP) yang merupakan Direktur Lingkungan dan Keberlanjutan, GSC EAJ International PT Schneider Indonesia. Pada talkshow ini, Devina menyampaikan materi mengenai bagaimana perspektif bisnis menuju implementasi energi terbarukan. 

Sementara pembicara terakhir adalah Agung Feinuddin ST MSE, Kepala Subdirektorat Pengawasan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi. Agung memberikan materi terkait tanggapan pemerintah indonesia terhadap implementasi 13 Sustainable Development Goals. (*)

Reporter: Megivareza Putri Hanansyah
Redaktur: Najla Lailin Nikmah

Berita Terkait