ITS News

Selasa, 27 September 2022
16 Januari 2022, 15:01

Belum Genap Setahun, Tim RIVAL ITS Berhasil Tunjukkan Kompetensi

Oleh : itsdil | | Source : ITS Online

Anggota dari Tim RIVAL saat berfoto bersama dengan robot buatannya

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki beberapa tim robot dengan deretan prestasi yang tak perlu diragukan lagi. Salah satunya yaitu Tim Robot ITS suVa Go InternationAL atau dikenal dengan Tim RIVAL yang baru terbentuk pada pertengahan tahun lalu. Meski masih berumur muda, Tim RIVAL sudah memiliki kompetensi untuk mampu bersaing dengan tim robot lainnya. 

Ketua Tim RIVAL, Irfan Ubaidillah mengatakan bahwa tim ini terbentuk dari pemisahan ITS Robocon pada 1 Juni 2021. Pemisahan ini dikarenakan adanya kategori lomba baru di Kompetisi Robot Indonesia (KRI) yaitu Kompetisi Robot Tematik Indonesia (KRTMI) dengan tema Digital-Twin. “Yakni teknologi berbasis sistem virtual yang diaplikasikan pada permainan Dam-Daman,” ungkap mahasiswa yang akrab disapa Ubai.

Karena Tim RIVAL terbentuk dari sebuah perlombaan, hal ini berdampak pada karya buatan tim harus disesuaikan dengan kebutuhan kompetisi. Maka dari itu, Tim RIVAL membuat robot yang memiliki gripper dengan menggunakan penggerak motor dan omni wheels sebagai gerak rotasi dan gerak translasinya. Sehingga robot ini dapat membawa dan memindahkan objek sesuai strategi yg ditentukan. 

Dibandingkan dengan robot lainnya, Muhammad Hilmi Muzhoffar selaku tim mekanik mengatakan bahwa robot buatan Tim RIVAL memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya seperti adanya kepresisian bentuk, mekanisme penggerak gripper yang berbeda, serta adanya teknologi image processing. “Hal tersebut memungkinkan pergerakan yang lebih cepat, stabil, dan tepat menuju titik peletakan objek yang dituju,” jelasnya.

Meski Tim RIVAL kerap menemui banyak rintangan yang tak mudah, namun  mereka berhasil unjuk diri sebagai tim yang layak bersaing dan berkompetisi. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan prestasi sebagai Juara Pertama Nasional serta penghargaan Best Strategy Nasional pada KRTMI 2021.

Robot buatan Tim RIVAL yang sempat diikutsertakan dalam ajang KRTMI

Ubai bersama enam rekannya saling bekerja sama untuk membentuk tim baru. Mereka adalah Muhammad Hilmi Muzhoffar dari Departemen Teknik Mesin Industri, Rama Wisnu Wirananda dari Departemen Teknik Elektro, Infimum Deviasi Yulamda dari Departemen Teknik Material dan Metalurgi, serta Ilyas Farell Fawwazy, Sulthan Tsaqif Amelio, dan Muhammad Rizal Ramadhan Dawanto dari Departemen Teknik Mesin. “Adanya tim baru ini dinilai dapat menambah lebih banyak ide dan inovasi riset,” ujarnya. 

Untuk selanjutnya, terang Ubai, Tim RIVAL ini akan terus membuat robot-robot baru dengan menyesuaikan tema dalam kompetisi yang akan diikuti. Tak hanya itu, sebagai tim yang masih baru terbentuk, ia dan tim berencana akan melakukan branding secara lebih luas. “Agar Tim RIVAL semakin dikenal oleh baik di dalam maupun di luar ITS,” ungkap mahasiswa Departemen Teknik Elektro ini.

Di akhir sesi wawancara dengan ITS Online, Ubai mengaku berharap agar Tim RIVAL dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi. Selain itu, tim tersebut tetap mampu memberikan yang terbaik untuk mengharumkan nama ITS di tingkat nasional maupun internasional. “Semoga kedepannya semakin banyak prestasi yang ditorehkan oleh tim kami,” tandasnya mahasiswa asal Pamekasan ini.

Reporter: Nadila Wulan Cahyani
Redaktur: Najla Lailin Nikmah

Berita Terkait