ITS News

Rabu, 28 September 2022
16 Desember 2021, 12:12

ITS Kembangkan Bahan Literasi Bertema Teknologi Kelautan

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Pemaparan kegiatan Abmas dan diskusi dengan mitra sekolah dasar

Kampus ITS, ITS News  –  Sebagai negara maritim, wilayah Indonesia didominasi perairan. Namun, ironisnya saat ini secara umum tingkat literasi masyarakat Indonesia di bidang kemaritiman sangat rendah. Oleh karena itu, tim Pengabdian kepada Masyarakat (Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengembangkan bahan literasi berupa buku bertema bidang teknologi kelautan bagi siswa Sekolah Dasar (SD) di Surabaya untuk menumbuhkan karakter cinta laut sejak dini.

Penerapan bahan literasi berupa buku tersebut digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas lima dan enam SD Yapita dan SD Luqman Al-Hakim. Kegiatan ini melibatkan 205 dengan rincian kelas enam untuk SD Luqman Al-Hakim dan kelas lima untuk SD Yapita. “Selain buku, kegiatan ini juga menghasilkan makalah, jurnal ilmiah, dan pemberitaan kegiatan dalam media masa,” Ujar Dr Eng Rudi Walujo Prastianto selaku dosen ketua pelaksana abmas.

Dalam proses pembuatan bahan literasi berupa buku bertema teknologi kelautan, dilakukan identifikasi minat para siswa SD mitra terhadap bidang kelautan atau maritim yang dilakukan dengan survey melalui angket. “Secara garis besar, hasil angket menunjukkan minat siswa di bidang kelautan sekitar 75 persen dan terbilang cukup baik dari aspek individu siswa, dukungan sekolah, keluarga, dan lingkungan rumah tempat tinggal siswa,” ungkap Rudi.

Bahan literasi berupa buku bacaan didesain sedemikian rupa berbentuk cerita pendek yang menarik dengan kondisi sehari-hari yang realistis. Buku bacaan ini juga mengandung pesan persuasif yang dapat memotivasi siswa, mengandung nilai moral yang baik, dan memberikan Informasi teknis yang valid melalui gambar dengan keterangan.

Buku literasi tentang kelautan karya Tim Abmas, Departemen Teknik Kelautan ITS

Keberhasilan Abmas yang telah berlangsung selama enam bulan ini tidak terlepas dari peran Dr Eng Rudi Walujo Prastianto sebagai ketua pelaksanaan, dibantu lima dosen lainnya yaitu Prof Daniel M Rosyid, Ir Imam Rochani MSc, Dr Eng Kriyo Sambodho, Dr Eng Yeyes Mulyadi, dan Prof  Mahmud Mustain. Kegiatan abmas ini juga melibatkan enam mahasiswa Departemen Teknik Kelautan, yakni Muhammad Rizky Syarifudin, Ferdita Syalsabila, Ahmad Haidar, Ratnani Ananda, Asraf Arifiansyah, dan Muhammad Hilmy Mahdyansyah.

Walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 kegiatan abmas ini dapat berjalan sesuai dengan program kerja yang telah disusun meskipun ada keterlambatan proses administrasi. Koordinasi dan pembagian tugas dalam tim internal dapat dilakukan cukup efektif sehingga menghasilkan bahan literasi yang manfaatnya dapat dirasakan oleh sekolah mitra. 

Penyerahan buku literasi tentang kelautan kepada mitra sekolah dasar

Terakhir Rudi berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan minat siswa sekolah dasar terhadap bidang kelautan. Rudi menyebutkan hal tersebut penting agar generasi masa depan lebih mencintai laut sebagai warisan jiwa bahari nenek moyang.  “Dengan demikian, mereka akan siap membangun kelautan demi kemajuan dan kemakmuran rakyat Indonesia.”pungkasnya penuh harap.(*)

Reporter : Shauma Aulya Zahra
Redaktur : Fatih Izzah

Berita Terkait