ITS News

Sabtu, 24 September 2022
08 Desember 2021, 09:12

ITS Global Kampong, Wajah Baru Semangat Internasionalisasi

Oleh : itsuna | | Source : ITS Online

Gedung ITS Global Kampong yang diresmikan pada Jumat (3/12)

Kampus ITS, ITS News Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus menggiatkan semangat internasionalisasi untuk meningkatkan kualitasnya di kancah dunia. Kali ini, ITS menampilkan wajah baru dengan meresmikan Gedung ITS Global Kampong untuk menyediakan kebutuhan ITS dengan mitra internasionalnya, Jumat (3/12).

Nama Global Kampong diusulkan oleh Wakil Rektor III Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana ITS, Dr Eng Ir Ahmad Rusdiansyah MEng. Kata kampong digunakan karena merepresentasikan kehidupan sekelompok orang dengan banyak interaksi dan partisipasi di dalamnya. Sehingga merepresentasikan wilayah ITS yang mengglobal dan memfasilitasi interaksi antar negara dan budaya dengan berbagai macam kecantikan dan keunikannya masing-masing.

Direktur Kemitraan Global ITS, Dr Maria Anityasari ST MEngSc mengatakan terdapat beberapa bagian dalam gedung tersebut. Pertama, ada international corridor yang terdiri dari enam ruangan yang diperuntukkan bagi mitra internasional bila ingin membuka kantor di Kampus ITS. Terdapat juga dua ruang world-class professor office yang dapat digunakan oleh profesor luar negeri jika akan mengajar di ITS.

Selanjutnya ada kantor ITS Global Engagement dan international student volunteer yang diperuntukkan kegiatan rapat, lokakarya, dan sebagainya. Terakhir, terdapat international student lounge yang bisa digunakan mahasiswa internasional untuk saling bercengkerama. “Mahasiswa ITS lainnya juga bisa menggunakan fasilitas ini untuk menyelenggarakan program internasionalisasi seperti English Day,” sambung dosen Departemen Teknik Sistem dan Industri ini.

Tampilan dalam Gedung ITS Global Kampong

Hingga saat ini, sambung Maria, kantor di international corridor akan dimanfaatkan oleh Wismar University, SixERS yang dikomando oleh Kumamoto University, dan Regional English Language Officer (RELO) US Embassy Jakarta. RELO telah menempati satu kantor dan menyediakan layanan tutor, academic ranking center, dan in-person Virtual English Language Fellow (VELF).

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng yang turut hadir dalam peresmian tersebut menjelaskan, gedung ini merupakan salah satu titik mula dari rencana ITS untuk mengembangkan lingkungan internasional. “Bahkan ini lebih cepat dari yang kita perkirakan,” tuturnya.

Guru Besar Departemen Teknik Elektro ITS ini sempat menyebutkan, ITS sudah menjadi menjadi world class university (WCU) dengan bukti perolehan peringkat ke-64 dunia versi THE Impact Ranking. Ashari berharap ITS Global Kampong ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi ITS di bidang internasionalisasi.(*)

Reporter: Dian Nizzah Fortuna
Redaktur: Sofyan Abidin

Berita Terkait