ITS News

Selasa, 23 April 2024
01 Desember 2021, 09:12

Dorong Wawasan Inovasi Mahasiswa, ITS Gelar Festival Karya

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Festival Karya 2021 dimeriahkan dengan pembicara ahli bidang riset dan teknologi

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyelenggarakan Festival Karya 2021 dalam rangka menambah wawasan mahasiswa baru untuk berkarya dan berinovasi. Acara yang membawakan tema Peluang dan Tantangan Riset dan Teknologi dalam Penerapan Society 5.0 ini merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia 2045.

Dalam sambutannya, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menuturkan bahwa Festival Karya ITS ini merupakan kegiatan yang ditujukan kepada mahasiswa baru ITS agar mampu mengembangkan softskill. “Kegiatan ini juga memberikan mahasiswa wawasan baru dan memperluas pandangan mengenai riset dan teknologi,” jelasnya.

Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng selaku Rektor ITS memberikan sambutan pada Festival Karya 2021

Dalam acara Festival Karya ini, Ashari juga mengenalkan tim riset dan student chapter ITS. Adapun tim riset tersebut yakni tim Sapuangin, tim Banyubramanta, tim Barunastra, tim Bayucaraka, tim Hydrone, tim Ichiro, tim Nawasena, tim ITS Abu Robocon, ITS Marine Solar Boat Team (MSBT), tim Iris, tim Nogogeni, tim Spectronics, tim Virose, tim Anargya, dan tim Antasena.

Selain itu, student chapter ITS juga hadir untuk memeriahkan acara Festival Karya kali ini. Seperti, American Association of Petroleum Geologist (AAPG) ITS, American Institute of Chemical Engineers (AICHE) ITS, ITS Material Advantage Chapter (IMAC), Indonesian Corrosion Association (INDOCOR) ITS, IEEE ITS, National Association of Corrosion Engineers (NACE) ITS, Society of Petroleum Engineers (SPE) ITS, Society of Exploration Geophysicists (SEG) ITS, dan Society of Renewable Energy (REG) ITS.

Acara Festival Karya ini dihelat melalui platform Zoom serta disiarkan langsung melalui kanal YouTube BEM ITS yang telah ditonton lebih dari 21.000 kali. Pada pagelaran Festival Karya yang dilaksanakan selama dua hari, sejak Sabtu (27/11) ini juga terdapat webinar dengan topik energi, riset, dan teknologi. 

Presentasi tim Sapuangin sebagai salah satu tim riset besar dalam Festival Karya 2021

Adapun webinar tersebut mengundang tiga pemateri dengan materi yang berbeda. Pertama yaitu Masa Depan Riset dan Teknologi di Indonesia yang dibawakan oleh pembicara Prof Bambang Brodjonegoro SE MSU PhD. Dilanjutkan dengan materi Technology for Sustainable Development oleh Zikry Zakiyulfuadi. Serta webinar terakhir mengenai materi Renewable Energy: Indonesia Prospect and Alternative Toward Clean Environment oleh Ahmad Agus Setiawan ST MSc PhD.

Turut hadir, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS, Ahmad Nailul Firdaus ini menyampaikan harapannya terkait Festival Karya. Menurutnya, tema acara kali ini sejalan dengan tujuan untuk menyongsong generasi emas Indonesia tahun 2045. “Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat menangkap ilmu dan pengalaman yang sangat berharga,” ujar mahasiswa Departemen Teknik Lingkungan angkatan 2017 penuh harap. (*)

Reporter: Regy Zaid Zakaria
Redaktur: Najla Lailin Nikmah

Berita Terkait