ITS News

Selasa, 27 September 2022
05 November 2021, 14:11

Prestasi Wisudawan FTIRS di Wisuda ITS 124

Oleh : | | Source : ITS Online

Pagelaran Wisuda ke-124 ITS Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS) dalam layar daring

Kampus ITS, ITS News Setiap gelaran wisuda di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), selalu meninggalkan kesan bagi seluruh civitas academica. Tak terkecuali Wisuda ITS ke-124 awal Oktober lalu. Salah satu yang berkesan pada Wisuda ITS kali ini ialah prestasi yang diukir oleh mahasiswa FTIRS, fakultas dengan penyumbang lulusan cumlaude pada wisuda kali ini.

Dari total 946 wisudawan ITS tersebut yang menyandang predikat cumlaude, kali ini Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS) ITS menjadi pendulang terbanyak. Hebatnya, dari total 712 wisudawan FTIRS yang diwisuda pada Minggu (10/10), 238 diantaranya sukses menyelesaikan studi dengan predikat pujian atau cumlaude

Menurut dekan FTIRS, Dr Wawan Aries Widodo ST MT pencapaian fakultas yang ia pimpin tersebut selaras dengan fakta bahwa FTIRS juga merupakan fakultas yang menyumbang jumlah wisudawan paling banyak. “Dari total 3338 wisudawan ITS, hampir sepertiganya dari FTIRS,” ujarnya.

Namun, bukan hanya itu pencapaian luar biasa FTIRS periode ini. Diketahui, lulusan termuda dari jenjang doktoral pada periode wisuda yang diselenggarakan hybrid ini juga merupakan wisudawan yang berasal dari FTIRS. “Tepatnya, wisudawan tersebut berasal dari Departemen Teknik Sistem dan Industri (DTSI),” kata Wawan menyebut peraih gelar doktor termuda, Diva Kurnianingtyas.

Menurut Dosen Departemen Teknik Mesin ini, selain karena kualitas sumber daya mahasiswa terjaring di FTIRS, kualitas dan kuantitas lulusan juga didorong oleh adanya implementasi Outcome Based Learning (OBE) dalam proses pembelajaran. Alhasil, mahasiswa S-1 dapat menyelesaikan studi tepat waktu 8 semester, dan 4 semester untuk S-2, serta 6 semester untuk S-3.

Sokongan dari pihak fakultas yang lainnya, lanjut Wawan, adalah berupa pendampingan persiapan topik tugas akhir, tesis, dan disertasi yang baik. “Untuk ketiga jenjang, kami berikan pendampingan pada pengerjaan topik-topik terkini baik itu penelitian dalam lingkup laboratorium, maupun yang dikerjakan mengacu pada kasus aplikatif yang ada di industri,” terangnya.

Pendampingan itu terus diupayakan, bahkan pada saat kondisi pandemi. Wawan menjelaskan bahwa beberapa perkuliahan daring dilaksanakan dengan memanfaatkan Massive Open Online Courses (MOOCs) yang dibuat oleh dosen-dosen di lingkungan FTIRS. “Termasuk untuk kegiatan praktikum online, demi menembus keterbatasan yang ada,” ucapnya.

Roikhanatun Nafi’ah, salah satu wisudawati ke-124 ITS dari jenjang magister FTIRS yang meraih predikat cumlaude saat tengah hadir pada pagelaran wisuda secara daring

Adanya beberapa fasilitas penunjang tersebut serta didikan dari dosen-dosen mumpuni di bidangnya masing-masing banyak berkontribusi terhadap pencapaian lulusan FTIRS tahun ini. Disusul pada peringkat kedua, sejumlah 210 wisudawan dengan predikat cumlaude berasal dari Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK) ITS. Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS menyumbang jumlah cumlaude ketiga teratas dengan angka lulusan cumlaude sebanyak 159.

Sementara 339 wisudawan yang menggenapi jumlah lulusan cumlaude periode ini, asalnya tersebar dari empat fakultas ITS yang lain. Dengan banyaknya bukti mahasiswa dengan etos kerja dan komitmen luar biasa untuk menjadi prestatif, Wawan secara khusus memotivasi para mahasiswa lainnya supaya dapat mengikuti jejak prestasi kakak-kakak tingkatnya.

“Dalam hal ini, dapat juga diupayakan oleh mahasiswa dengan menjalin interaksi dan komunikasi yang baik antara dosen, mahasiswa, maupun tenaga kependidikan dalam upaya mengembangkan keilmuan,” pesannya. Baik kegiatan itu berbentuk ko-kurikuler, maupun ekstrakurikuler dalam kondisi luring maupun daring.

Ia pun mengimbuhi pesannya, mengingatkan dan mempercayakan kepada para lulusan, agar tetap menunjukkan kinerja terbaik mereka saat berkompetisi menurut bidang keilmuan masing-masing di kehidupan pasca kampus. “Kalian semua telah dibekali kompetensi keilmuan rekayasa teknik dan softskill sebagaimana tertuang dalam transkrip dan SKPI, maka percaya dirilah dan terus semangat mengembangkan kemampuan dan keahlian kalian,” pungkasnya menyemangati. (*)

M Ainul Yaqin, salah satu wisudawan FTIRS ITS periode Wisuda ke-124 dari jenjang sarjana yang mengantongi predikat cumlaude saat menghadiri wisuda secara drive thru

Reporter: Kafa ‘Aisyana Ni’mah
Redaktur: Dzikrur Rohmani Zuhkrufur Rifqi Muwafiqul Hilmi

Berita Terkait