ITS News

Kamis, 28 Maret 2024
17 Oktober 2021, 11:10

Program Tuntas Yudisium Tarik Minat Mahasiswa Luar ITS

Oleh : itsqih | | Source : ITS Online

Pelaksanaan Program Tuntas Yudisum yang dihadiri juga oleh mahasiswa dari luar ITS.

Kampus ITS, ITS News – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa dan Budaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah meluncurkan Program Tuntas Yudisium untuk membantu proses kelulusan mahasiswa. Siapa sangka, program yang awalnya hanya ditujukan kepada mahasiswa ITS ini berhasil menarik minat mahasiswa yang berasal dari luar ITS.

Menurut Manajer UPT Bahasa dan Budaya ITS, Ratna Rintaningrum, hal tersebut disebabkan oleh besarnya semangat mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Hal itulah yang mendorong peminat program yang berasal dari perguruan tinggi lain terus bertambah setiap hari. “Bahkan ada yang datang langsung untuk mendaftar,” ujarnya.

Tidak berbeda dengan peserta yang merupakan mahasiswa ITS, peserta dari luar ITS juga diperlakukan dengan baik sehingga dapat lulus tepat waktu. “Ini perlu disyukuri karena program ini mampu membantu dan menjangkau masyarakat lebih luas dari tujuan awal,” ungkapnya bahagia.

Bagi Ratna, meluasnya segmen peminat ini tidak terlepas dari banyaknya kerja sama yang telah dilakukan guna mempromosikan program ini. Bahkan, Ratna turut terjun langsung ke lapangan untuk mempromosikan program ini. “Program Tuntas Yudisium akan terus dipromosikan, baik melalui website resmi UPT Bahasa dan Budaya ITS, hingga Badan Eksekutif Mahasiswa ITS,” tambahnya.

Kemudian, Ratna membagikan sedikit cerita milik peserta dari luar ITS yang ditemuinya secara langsung. Beberapa dari mereka berusaha menghubunginya secara pribadi untuk menyatakan kesungguhannya mengikuti program ini. “Uniknya, saya juga menemukan secara langsung mahasiswa ITS yang merekomendasikan program ini ke orang tuanya yang masih melanjutkan studi,” tuturnya.

Ratna berharap, program ini dapat membantu meningkatkan minat menguasai bahasa asing para mahasiswa, baik dari ITS maupun dari luar ITS sehingga dapat lulus tepat waktu sesuai dengan rancangan awal program ini. “Semoga program UPT Bahasa dan Budaya ITS yang lain juga mampu mengikuti jejak program ini untuk dapat berkontribusi lebih bagi masyarakat luas,” pungkasnya. (*)

Reporter: Faqih Ulumuddin

Redaktur: Heny Tri Hendardi

Berita Terkait