ITS News

Rabu, 05 Oktober 2022
01 Oktober 2021, 10:10

Visitasi ASIIN, Langkah Lanjut ITS Menyetarai Universitas Eropa

Oleh : itsuna | | Source : ITS Online

Kampus ITS, ITS News – Tingkatkan mutu dan kualitas pendidikan skala internasional, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ajukan akreditasi untuk beberapa departemen di ITS. Kali ini, ITS mengajukan akreditasi pada Accreditation in Engineering, Computer Sciences, Natural Sciences, Mathematics (ASIIN). Pengajuan ini telah mencapai tahap visitasi gelombang kedua oleh tim asesor secara daring mulai Selasa, (21/9).

Kepala Kantor Penjaminan Mutu (KPM) ITS, Prof Dr Aulia Siti Aisjah mengatakan bahwa visitasi ASIIN gelombang kedua ini dilaksanakan pada 21 – 23 September 2021. Penilaian ini dilakukan pada empat departemen tersebut adalah Departemen Statistika, Departemen Matematika, Departemen Sistem Informasi, dan Departemen Teknik Informatika. Sementara itu, gelombang pertama telah dilaksanakan pada 8 – 10 September lalu untuk menilai Departemen Fisika dan Departemen Kimia.

Agenda yang berlangsung selama tiga hari tersebut pada dasarnya adalah pemeriksaan kesesuaian dokumen pengajuan dengan fakta di lapangan. Salah satu kegiatannya adalah wawancara dengan berbagai pihak mulai dari perwakilan mahasiswa, alumni, dosen tiap departemen, hingga jajaran stakeholder. “Wawancara alumni dan mahasiswa itu terkait apakah kemampuan yang mereka dapatkan di ITS sudah sesuai dengan profil lulusan yang ditargetkan,” jelas wanita yang kerap disapa Aulia itu.

Untuk menyukseskan akreditasi ini, ITS telah mempersiapkan diri secara matang. Melalui kolaborasi berbagai pihak dan koordinasi di bawah pimpinan KPM, ITS telah melakukan persiapan sejak Januari 2020 lalu. Persiapan tersebut mencakup evaluasi model pembelajaran, workshop bertopik penyusunan dokumen progres, hingga evaluasi kinerja tiap laboratorium. Dalam persiapan, perempuan asal Magetan ini menjelaskan bahwa ITS menggunakan pendekatan Plan, Do, Check, and Act (PDCA) yang umum dipakai di sistem pendidikan. 

Guru besar Teknik Fisika ini juga mengungkapkan bahwa ITS melakukan perbaikan dari pengalaman penilaian di gelombang sebelumnya. Peningkatan tersebut terlihat dari disusunnya dokumen rencana penanganan kelemahan. Aulia mengharapkan agar ITS dapat meraih akreditasi internasional ASIIN ini sehingga mutu pendidikan ITS dapat disetarakan dengan universitas lain, terutama yang ada di Eropa.  “Semoga ITS bisa mendapat akreditasi ASIIN penuh dengan masa berlaku hingga 5 tahun,” pungkasnya. (*)

Reporter: Dian Nizzah Fortuna

Redaktur: Gita Rama Mahardhika

Berita Terkait