ITS News

Sabtu, 01 Oktober 2022
30 September 2021, 23:09

Abmas ITS Sosialisasikan Pentingnya Sertifikasi Produk Halal

Oleh : | | Source : ITS Online

Urgensi Jaminan Produk Halal disampaikan Dr Nurul Jadid SSi MSc, dosen Biologi ITS sekaligus auditor halal ITS, pada sesinya dalam sosialisasi

Kampus ITS, ITS News – Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, kehalalan suatu produk menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Termasuk produk yang dihasilkan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Untuk mengingatkan hal tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan sosialisasi sertifikat produk halal bagi pelaku usaha di Desa Alas Kokon, Kabupaten Bangkalan.

Sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat (Abmas) yang diketuai Ardy Maulidy Navastara ST MT. Menurut dosen Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) tersebut, agenda yang berjalan sejak April 2021 ini merupakan bentuk pendampingan kepada pelaku UMKM  agar mengerti urgensi sertifikasi halal bagi produk UMKM dan pengimpletasian Undang-undang Jaminan Produk Halal (UU JPH).

Ardy Maulidy Navastara ST MT, ketua tim Abmas Halal ITS saat memberikan overview lansekap isu halal secara global

Lebih lanjut, UU JPH sendiri diberlakukan untuk memberi kenyamanan, keamanan, dan keselamatan serta kepastian ketersediaan produk halal di sekitar masyarakat. Dengan demikian, hadirnya UU ini semakin mendorong peningkatan daya saing para pelaku UMKM yang memproduksi dan menjual produk halal. “Hal itu juga yang melatarbelakangi Abmas dengan sasaran utama pelaku UMKM terdampak pandemi,” ujarnya. 

Melalui kegiatan ini, Tim Abmas Halal ITS ini berharap dapat segera mewujudkan UMKM binaan yang memiliki surat izin edar untuk pengajuan sertifikat halal. Kegiatan ini, menargetkan sertifikasi dapat terselesaikan pada Oktober mendatang. “Bukan hanya paham akan sertifikasi, melainkan juga mendapat pengakuan yang baik dibuktikan dengan mendapat sertifikasi secara resmi adalah target kami,” tutur Ardy.

Kontribuasi Pusat Kajian Halal ITS dalam mendorong perkembangan industri halal Indonesia dibawakan oleh Prof Setiyo Gunawan ST PhD IPM

Pada sosialisasi yang diselenggarakan daring ini, turut hadir Prof Setiyo Gunawan ST PhD IPM, Kepala Pusat Kajian Halal ITS yang memberikan gambaran tentang peran Pusat Kajian yang dipimpinnya dalam upaya mendorong perkembangan Industri Halal di Indonesia. Secara khusus juga menyebut dorongan bagi Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) di Bangkalan, Madura. (*)

Reporter: Kafa ‘Aisyana Ni’mah

Redaktur: Heny Tri Hendardi

Berita Terkait