ITS News

Rabu, 24 April 2024
08 Agustus 2021, 20:08

Kunjungi ITS, Puslitbang Kemhan Bahas Peluang Kolaborasi

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Pembahasan Inovasi ITS bersama Kapuslitbang Alpalhan di Gedung Rektorat ITS lantai dua

Kampus ITS, ITS News Badan Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (Balitbang) Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI mengunjungi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Kamis (5/8). Lewat kunjungan ini, Kepala Puslitbang Alat Peralatan Pertahanan (Alpalhan), Laksamana Pertama TNI Arif Harnanto ST MEng membahas peluang kolaborasi dengan ITS di masa depan.

Puslitbang Alpalhan merupakan unit tugas untuk melaksanakan dan menyinergikan penelitian serta pengkajian dan pengembangan di bidang alat peralatan pertahanan di darat, laut, serta udara. Dalam kunjungannya ke ITS bersama timnya, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Arif Harnanto ST MEng Laksamana menyampaikan jika Puslitbang Alpalhan mampu menggandeng perguruan tinggi seperti ITS. “Jadi kolaborasi bersama perguruan tinggi di Indonesia untuk memperkuat sistem pertahanan dari sisi sains dan teknologi,” tutur laksamana ini

Kapuslitbang Alpalhan Laksma TNI Arif Harnanto ST MEng

Menyambut hal ini, Direktur Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS Dr Ir Achmad Affandi DEA yang turut hadir menyampaikan bahwa ITS sendiri memiliki empat klaster pengembangan riset dan teknologi. Klaster pertama ialah inovasi yang berkaitan dengan bidang maritim. Kedua ialah klaster otomotif, seperti inovasi kendaraan bermotor listrik. Ketiga adalah klaster teknologi informasi, komunikasi, dan robotika. Keempat ialah bidang industri kreatif. “Selama ini ITS dikenal dengan inovasi produk otomotif dan robotnya,” ungkapnya.

DIKST ITS Dr Ir Achmad Affandi DEA

Lebih lanjut, dosen Departemen Teknik Elektro ini menambahkan bahwa kedepannya ITS juga akan lebih banyak menginisiasi inovasi teknologi dibidang teknologi pertahanan dan keamanan. “ITS siap mendukung mitra yang ingin bekerjasama menghasilkan teknologi tepat guna yang berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” tuturnya pada acara kunjungan Puslitbang Alpalhan di Gedung Rektorat ITS. (*)

 

Reporter: Frecia Elrivia Mardianto
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait