ITS News

Selasa, 03 Agustus 2021
10 Juni 2021, 21:06

Luncurkan Logo Baru, Dies Natalis ITS Tampilkan Nuansa Humanity

Oleh : itssin | | Source : ITS Online

Logo Dies Natalis ITS ke-61 dengan tagline Advancing Humanity

Kampus ITS, ITS News – Tema dan konsep yang baru selalu ditunjukkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui logo Dies Natalis yang dikeluarkan setiap tahunnya. Menjelang Dies Natalis ITS ke-61 tahun, logo dengan bentuk simbolik manusia yang menginterpretasikan Advancing Humanity sebagai misi ITS ini ditampilkan secara sederhana namun modern.

Prof Ir Muhammad Sigit Darmawan MEngSc PhD, Ketua Dies Natalis ITS ke-61 tahun ini menyampaikan bahwa dengan hadirnya logo ini bertujuan untuk memopulerkan moto ITS Advancing Humanity (Memajukan Kemanusiaan, red), yang merupakan misi abadi ITS sebagai sebuah perguruan tinggi. “Dengan harapan ITS dapat selalu berperan aktif memajukan kualitas hidup manusia,” ujarnya.

Logo yang merupakan hasil dari tangan dingin tim gabungan Dosen Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) ITS ini juga menginterpretasikan semangat baru melalui warna yang ditampilkan. Ia menyampaikan bahwa warna gradasi biru tua dan biru muda menunjukkan ITS yang semakin dewasa, terus tumbuh dan melahirkan generasi baru yang unggul.

Selain itu, bentuk beberapa garis melingkar di atas angka satu pada logo menunjukkan simbol dunia digital yang diperjuangkan ITS dalam mengembangkan peradaban melalui sains, teknologi, dan inovasi. “Simbol ini juga menunjukkan ITS terus melakukan pengembangan teknologi dan transformasi digital untuk menghadapi revolusi industri di era 4.0,” jelas Sigit, sapaan akrabnya.

Adapun tujuh warna pada simbol dunia digital tersebut mewakili jumlah tujuh fakultas di ITS saat ini. Tujuh fakultas ini bersatu padu menjadi kesatuan yang bulat. “Perannya masing-masing berkontribusi mendukung ITS menjadi pusat unggulan di bidang pendidikan, riset, pengabdian masyarakat dan inovasi,” tutur Dekan Fakultas Vokasi ITS ini.

Hadirnya logo ini turut mendapat tanggapan dari mahasiswa ITS. Fiqey Indriati Eka Sari contohnya. Mahasiswi Departemen Teknik Informatika ITS ini mengatakan bahwa dengan kesederhanaan dan lingkaran warna yang cukup mencolok, logo kali ini mudah terbaca dan mampu menyampaikan pesannya secara jelas.

Muhammad Miftah Fakhrizal, salah satu mahasiswa Departemen Teknik Sipil ITS juga beranggapan jika logo ini mengikuti tren sekarang yang mengedepankan kesederhanaan namun bermakna. Hal senada juga diutarakan Ivana Dwi Rochima, mahasiswi Departemen DKV ITS ini berpendapat bahwa logo ini lebih fleksibel dari sebelumnya sehingga lebih mudah pula diaplikasikan ke berbagai media. “Logo ini cukup simpel dan modern dari segi bentuk, warna, dan tipografi,” tanggapnya.

 

Reporter: Shinta Ulwiya

Redaktur: Septian Chandra Susanto

Berita Terkait