ITS News

Minggu, 02 Oktober 2022
06 Juni 2021, 23:06

Menilik Pentingnya Kreatif dan Inovatif dalam Dunia Industri

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Muhammad Arif Setiadi saat membuka presentasinya mengenai kreativitas dan inovasi

Kampus ITS, ITS News – Di era digital saat ini, kreativitas dan inovasi adalah kunci kesuksesan dan keberlanjutan suatu industri. Lewat webinar yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), mahasiswa dikenalkan tentang pentingnya memiliki pribadi yang kreatif dan inovatif dalam dunia industri.

Kreativitas dan inovasi adalah dua gagasan yang saling terkait namun memiliki makna berbeda. Dua hal tersebut memiliki peran masing-masing dalam pengoptimalan dunia industri. “Kreatif ialah proses penciptaan sedangkan inovasi adalah bentuk perwujudan dari ide penciptaan tersebut,” terang Muhammad Arif Setiadi saat mengisi webinar bertajuk Liberty #2 ini.

Arif memaparkan mengenai perbedaan kreatif dan inovatif

Pada webinar bertemakan Effective Leadership Style in Facing Industrial Revolution 4.0 ini, Arif memaparkan bahwa kreativitas adalah suatu cara berpikir atau bentuk tindakan guna mencari pemecahan sebuah kondisi dengan cara yang berbeda dan out of the box. “Kreatif itu bukan tentang hasil melainkan sebuah proses,” ujar alumnus Departemen Teknik dan Sistem Industri ITS ini.

Dalam dunia industri, kreativitas berperan penting untuk membantu perusahaan mengelola tugas, meningkatkan kinerja staf, serta menciptakan berbagai produk berkualitas. “Mengizinkan karyawan untuk berkreatifitas mampu mendorong mereka menghasilkan ide menarik dalam menggagas produk berkualitas,” ungkap Arif.

Kreativitas juga penting untuk membangun citra perusahaan yang menyenangkan dan aspiratif. Dengan konsumen melihat budaya kerja perusahaan seperti ini, maka perusahaan tentu mendapat stigma positif dari masyarakat. “Teknologi saat ini memunculkan kesempatan untuk lebih kreatif menciptakan dan menunjukkan berbagai produk yang menarik,” tutur pria yang saat ini bekerja di Telkomsel ini.

Pemaparan mengenai pentingnya kreatifitas dalam dunia industri

Dengan adanya pemikiran kreatif maka berkembanglah sebuah inovasi. Inovasi pada dasarnya adalah hasil kreativitas yang diimplementasikan sedemikian rupa sehingga menghasilkan dampak bisnis yang sangat sulit ditiru kompetitor. “Inovatif itu kemampuan manusia dalam mendayagunakan sumber daya di sekelilingya,” tambah pria yang sedang melanjutkan pendidikan Magister di Telkom University ini.

Hasil dari sebuah inovasi lah yang dapat menjadi pembeda perusahaan dengan kompetitor lain. Produk yang inovatif akan memiliki daya tarik tersendiri bagi calon konsumen. “Inovasi menciptakan proses baru yang lebih efisien untuk meningkatkan profit perusahaan,” lanjut pria yang juga pernah bekerja di Gojek ini.

Poin utama dari kreatif dan inovatif adalah tepat guna dan kebermanfaatan. Menjadi pribadi kreatif dan inovatif memerlukan kepekaan terhadap tren pasar yang berkembang. Menjadi inovator haruslah mampu membuka diri dengan ide baru serta berani mengambil resiko untuk keluar dari zona nyaman. “Percobaan adalah kegagalan yang memang diharapkan untuk mempelajari sesuatu, jadi tetaplah berkarya,” pungkasnya penuh motivasi. (*)

 

Reporter: Frecia Elrivia Mardianto

Redaktur: Septian Chandra Susanto

Berita Terkait