ITS News

Jumat, 07 Oktober 2022
02 Juni 2021, 20:06

Pengembangan Diri Lewat Program Beasiswa XL Future Leaders

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Radifan Athallah Rizky saat memaparkan mengenai XL Future Leaders.

Kampus ITS, ITS News – Sarana mengembangkan kecakapan diri semakin banyak tersedia, salah satunya ialah XL Future Leaders. Program beasiswa bagi mahasiswa semester satu sampai empat ini memfasilitasi awardee-nya dengan soft skill guna menunjang karier pasca kampus.

Salah satu awardee beasiswa XL Future Leaders, Radifan Athallah Rizky menyebutkan jika ada tiga kompetensi utama yang difokuskan dari program ini, yakni effective communication, managing change, serta entrepreneurship and inovation. “Ketiganya menjadi pilar penyokong dalam pengembangan diri tiap awardee-nya,” ujar penerima beasiswa angkatan kesembilan ini.

Radifan menjabarkan, pelatihan effective communication melatih awardee cara berkomunikasi secara efektif dan efisien serta cara menginterpretasikan ide dan gagasan yang dimiliki. Kemudian, pelatihan managing change menjadi ajang awardee untuk mengasah kemampuan beradaptasi. Terakhir, pelatihan entrepreneurship and inovation bertujuan mendorong peserta agar mampu menciptakan perubahan yang inovatif. 

Alur seleksi XL Future Leaders.

Lebih dalam, Radifan menambahkan, terdapat enam tahap seleksi yang harus dilewati mahasiswa peminat beasiswa ini. Tahap pertama ialah pemberkasan administrasi. Selanjutnya ada tes bahasa Inggris dan tes kecerdasan manajemen (GMAT). “Jika berhasil melalui keduanya, pendaftar akan dihadapkan pada tes studi kasus,” sambungnya.

Pemuda ini melanjutkan, pada tahap keempat, pendaftar akan bersaing mempresentasikan studi kasus milik mereka. Lalu, tahap kelima adalah melatih komunikasi dalam kelompok lewat LGD. “Terakhir, jika berhasil melalui tahapan tersebut, pendaftar harus bersaing di tahap wawancara,” tuturnya mengakhiri. 

Reporter: Frecia Elrivia Mardianto
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait