ITS News

Kamis, 28 Maret 2024
17 Mei 2021, 15:05

Mahasiswa ITS Gagas Bisnis MPASI Berbahan Dasar Buah Mangrove

Oleh : adminwebits | | Source : its.ac.id
Desain logo produk MPASI bebas gluten RooveBites, gagasan tim mahasiswa ITS

Desain logo produk MPASI bebas gluten RooveBites, gagasan tim mahasiswa ITS

Kampus ITS, ITS News – Tak henti-hentinya inovasi digagas oleh para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kali ini, lima mahasiswa dari Departemen Kimia ITS berhasil mengangkat sebuah ide bisnis Makanan Pendamping ASI (MPASI) bebas gluten berbahan dasar buah mangrove yang aman dikonsumsi oleh semua bayi.

MPASI yang banyak beredar di pasaran saat ini mengandung protein berupa gluten karena masih berbasis tepung terigu dan tidak semua bayi dapat mengonsumsi gluten. “Gluten dapat menimbulkan gangguan jaringan saraf dan fungsi otak bagi bayi penderita autisme dan penyakit celiac,” ungkap Miftahul Jannah, ketua tim.

Melalui gagasan inovatif tersebut, Miftahul bersama empat rekannya yaitu Sarazen Shalahuddin Akbar, Widya Anastasya Ningtiyas, Nova Ainur Rohma, dan Ardi Lukman Hakim, telah berhasil meraih medali silver dalam kompetisi Business Plan yang diadakan Edutainer Nusantara Fair (ENF) 2021. “Salah satu bahan pangan bebas gluten yang bernutrisi tinggi ialah buah mangrove,” ujar mahasiswi angkatan 2019 ini.

Lebih dalam, Miftahul menjelaskan, buah mangrove yang digunakan ialah yang berjenis lindur karena kandungan nutrisinya tinggi dan dapat diolah menjadi tepung. Tepung buah mangrove sejatinya telah memenuhi kriteria bahan pangan yang sehat, yaitu mengandung protein, serat, dan vitamin. “Pemanfaatan buah mangrove juga upaya memaksimalkan potensi sumber daya lokal yang melimpah namun belum banyak dimanfaatkan,” tambahnya.

(dari kiri) Sarazen Shalahuddin Akbar, Widya Anastasya Ningtiyas, Miftahul Jannah, Ardi Lukman Hakim, Nova Ainur Rohma

(dari kiri) Sarazen Shalahuddin Akbar, Widya Anastasya Ningtiyas, Miftahul Jannah, Ardi Lukman Hakim, Nova Ainur Rohma

Selain berbasis tepung buah mangrove, menurut Miftahul, produk MPASI yang diberi nama RooveBites ini juga ditambah kandungan asam amino dan riboflavin dari Glycine max. “Asam amino dan riboflavin merupakan mikronutrien yang diperlukan dalam masa pertumbuhan bayi,” terang gadis kelahiran Sukoharjo ini.

RooveBites berasal dari dua kata, yaitu Roove yang artinya mangrove dan Bites yang artinya gigitan. RooveBites memiliki dua varian produk, yaitu RooveBites Porridge berupa bubur untuk bayi berusia di bawah 6-12 bulan dan RooveBites Toddler berbentuk biskuit untuk bayi berusia di atas 12 bulan.

Dipaparkan Miftahul, sebelum diolah menjadi bubur dan biskuit, buah mangrove terlebih dahulu diproses menjadi tepung. Pada tahap awal buah akan direbus selama 20 menit kemudian dikupas dan dipotong. Tahapan berikutnya buah kembali direbus menggunakan abu sekam lalu dicuci. “Pada perebusan kedua buah perlu direbus lebih lama untuk menghilangkan kandungan sianida dan tanin yang berbahaya bagi kesehatan,” papar mahasiswi kelahiran Juli 2001 ini.

Proses pembuatan produk dari buah mangrove menjadi RooveBites yang siap dipasarkan

Proses pembuatan produk dari buah mangrove menjadi RooveBites yang siap dipasarkan

Lebih lanjut, bebernya, hasil perebusan kedua yang telah dicuci akan direndam selama 48 jam lalu dikeringkan dan digiling menggunakan blender. Setelah digiling, buah akan berbentuk tepung yang kemudian akan dicampurkan dengan Glycine max. “Tepung inilah yang kemudian diolah menjadi bubur instan dan biskuit yang pengolahannya seperti pada umumnya,” jelas alumnus SMAN 1 Sukoharjo ini.

Dari segi kemasan, RooveBites menggunakan kemasan berbahan aluminium foil. Selain harganya terjangkau, aluminium foil dapat meminimalisir masuknya udara dan bakteri karena material ini tidak bisa ditembus cahaya matahari. “RooveBites Porridge dikemas dalam bentuk sachet dan RooveBites Toddler dalam bentuk standing pouch,” sambung mahasiswi yang saat ini aktif di Himpunan Mahasiswa (Hima) Kimia ITS.

(dari atas) Tampilan kemasan RooveBites Porridge dan RooveBites Toddler yang digagas tim mahasiswa ITS

(dari atas) Tampilan kemasan RooveBites Porridge dan RooveBites Toddler yang digagas tim mahasiswa ITS

Dalam rancangan pemasaran produk sendiri, tim ini memanfaatkan penjualan daring lewat platform e-commerce dan mempromosikan produk di lokasi yang ditargetkan. “Pemasaran offline mengutamakan daerah sekitar toko bayi, rumah sakit anak dan bayi, klinik anak dan bayi, tempat penitipan anak dan bayi, serta komunitas pengidap autisme,” terangnya.

Ke depannya, tim yang dibimbing Herdayanto Sulistyo Putro SSi MSi ini berharap bahwa produk ini dapat diuji lebih lanjut dan dapat diedarkan ke pasaran. “Harapannya, produk ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan dapat dipasarkan dalam skala nasional hingga internasional,” tandasnya penuh harap. (HUMAS ITS)

 

Reporter: Frecia Elrivia Mardianto

Berita Terkait