ITS News

Sabtu, 03 Desember 2022
30 April 2021, 19:04

Kenali Diri, Kunci Bangun Kastil Impian

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Pembukaan acara TEDxITS bertemakan Space of Mind: Designing Your Castle, Sabtu (24/4).

Kampus ITS, ITS News – Ajang gelar wicara TEDxITS kembali hadir di kampus pahlawan. Kali ini, mengusung tema Space of Mind: Designing Your Castle, TEDx menantang mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk membangun masa depan impian mereka. Hal tersebut diawali dengan mengenali diri sendiri.

Salah satu pembicara, Florence Fedora menyebutkan jika mahasiswa harus pandai memilah kesibukannya. Maksud Florence, kegiatan yang mahasiswa pilih harus sesuai minat dan bidang yang mereka hendak geluti. “Oleh karenanya, penting untuk mengenali potensi pribadi dalam membangun karier impian,” sebut Wakil Presiden AIESEC Surabaya ini.

Potret moderator bersama pemateri (kanan atas) Ibrahim Arsy, (kiri bawah) Florence Fedora, dan (kanan bawah) Radifan Athallah.

Setuju dengan Florence, Presiden ITS MUN Club, Radifan Athallah menyambungkan bahwa mahasiswa dapat memahami dirinya sendiri lebih dalam lewat self awareness. Yang mana menurutnya, self awareness adalah kondisi di mana seseorang mampu menempatkan diri. “Yakni mampu menimbang, memilih, memilah tujuan serta tantangan yang akan dihadapi ke depannya,” sebut pembicara kedua TEDxITS ini.

Dalam prosesnya, seseorang yang tengah berjuang mengenali diri akan dihadapkan dengan ragam tantangan, salah satunya ialah pengorbanan. Menurut Mawapres ITS 2020, Ibrahim Arsy, konsekuensi yang dapat ditemui ialah kehilangan waktu, tenaga, materi, dan sebagainya. “Rela mengorbankan sesuatu demi mengenali potensi diri merupakan wujud komitmen kepada target yang diimpikan,” ujarnya. 

Salah satu metode sharing dari peserta ke pembicara dalam ajang TEDxITS, Sabtu (24/4).

Selain itu, tantangan yang dapat ditemukan dalam proses mengenali diri ini ialah burn out. Ibrahim memaparkan, burn out merupakan fase ketika raga dan pikiran berada di titik lelah dan memerlukan momen istirahat. “Menurut saya, fase ini dapat dilewati dengan meditasi, refreshing, atau hal lain yang dapat menenangkan diri,” ungkap Ibrahim dalam gelar wicara TEDxITS, Sabtu (24/4). (*)

Reporter: Faadhillah Syhab Azzahra
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait