ITS News

Sabtu, 20 April 2024
23 April 2021, 05:04

Tumbuhkan Semangat untuk Menjadi Kartini Masa Kini

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Ilustrasi memperingati Hari Kartini tahun 2021. (Sumber: Google Image)

Kampus ITS, Opini – Raden Ajeng Kartini, seorang wanita bergelar pahlawan nasional yang setiap april selalu diperingati hari kelahirannya karena sumbangsih besarnya bagi wanita Indonesia. Lewat semangat emansipasi wanita yang diperjuangkannya ikut menginspirasi pemudi Indonesia untuk terus berkarya dan berperan bagi kemajuan bangsa.

Melalui berbagai buah pemikiran, tulisan, serta jalan hidup yang menginspirasi, Kartini meninggalkan makna tersendiri bagi wanita Indonesia. Setelah era Kartini, terlahir banyak sosok wanita Indonesia berjiwa Kartini pada masanya masing-masing. Wanita dengan semangat dan perjuangan serupa seperti Kartini yang selama ini dikenal masyarakat.

Tentu setiap orang memiliki pemaknaan yang berbeda terkait sifat yang sesuai dengan sosok Kartini. Memang hal itu tidak dapat diseragamkan karena semua individu berhak memiliki pemahamannya sendiri. Namun satu hal yang pasti, wanita yang memiliki semangat tinggi untuk berkarya dan berkontribusi bagi lingkungan sekitar dan bangsanya, itulah sosok Kartini sejati.

“Kata ‘Aku tiada dapat!’ melenyapkan rasa berani. Kalimat ‘Aku mau!’ membuat kita mudah mendaki puncak gunung.” Dua kalimat penuh arti tersebut keluar dari sosok Kartini menunjukkan optimisme dalam melawan batas diri. Hal itu merujuk semangat pantang menyerah yang coba ditularkan Kartini pada semua wanita.

Bisa jadi sosok Kartini masa kini ada di sekitar kita tanpa kita sadari. Bahkan, bisa jadi sosok Kartini ada pada diri Anda yang sedang membaca ini. Semua perempuan di dunia pun dapat memiliki semangat Kartini dalam dirinya yang dituangkan dengan caranya masing-masing. Tidak pandang bulu, muda atau tua, kaya atau miskin, selama semangatnya tidak mudah luntur maka dia adalah sosok Kartini masa kini.

Untuk semua perempuan di luar sana, tetaplah semangat dalam menapak jejak menuju impian. Layaknya semangat Kartini yang membuahkan hasil di masa kini, tetaplah berani melanjutkan perjuangan yang sudah dimulai agar tidak mengkhianati segala bentuk pengorbanan, waktu, kesempatan dan usaha yang telah dilalui.

Selamat Hari Kartini untuk semua perempuan di luar sana.

 

Ditulis oleh:

Faqih Ulumuddin

Mahasiswa S-1 Teknik Geofisika

Angkatan 2020

Reporter ITS Online

Berita Terkait