ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
14 April 2021, 13:04

UPT Bahasa ITS Luncurkan Program Tuntas Yudisium

Oleh : itssof | | Source : ITS Online

Sosialisai Program Tuntas Yudisium kepada seluruh perwakilan himpunan mahasiswa se-ITS

Kampus ITS, ITS News – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa dan Budaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali berkontribusi dalam membantu mahasiswa lulus tepat waktu. Hal ini dilakukan melalui peluncuran Program Tuntas Yudisium untuk memenuhi hasil tes bahasa asing memenuhi yang menjadi prasyarat kelulusan mahasiswa ITS. 

Manajer UPT Bahasa dan Budaya ITS, Ratna Rintaningrum SS MEd PhD, menjelaskan, program ini memiliki tiga jenis skema. Ketiganya ialah Skema A, Skema B, dan Skema C yang memiliki karakteristik berbeda-beda. “Sehingga, para peserta diharapkan memahami setiap skema yang dipilihnya,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Ratna, Skema A dan Skema C merupakan program yang didahului oleh tes. Dimana peserta yang memilih program tersebut harus mengikuti tes terlebih dahulu. Sedangkan untuk Skema B, mahasiswa dapat langsung mengikuti kelas pembelajaran. “Ketiga skema ini menjadi antisipasi kreatif untuk memberi alternatif jalur kelulusan bagi mahasiswa,” sambungnya.

Manajer UPT Bahasa dan Budaya ITS, Ratna Rintaningrum SS MEd PhD ketika melakukan sosialisasi Program Tuntas Yudisium

Kepada ITS Online, perempuan tersebut menyatakan jika program ini ditujukan bagi seluruh mahasiswa ITS di segala jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pasca sarjana. Namun yang perlu diperhatikan, durasi dari skema yang diikuti akan berbeda-beda tergantung karakteristiknya. ”Misalnya ada salah satu skema yang berdurasi selama dua bulan,” tambahnya.

Karena merupakan program baru, Ratna turut melakukan sosialisasi secara bertahap dan bertingkat yang menggandeng Badan Eksekutif Mahasiswa ITS. Mengenai panduan cara pendaftaran, mahasiswa dapat mengakses pada halaman bahasa.its.ac.id. “Selain itu, selama masa pandemi Covid-19, pelaksanaan program ini akan dilakukan secara daring,” imbuhnya.

Peserta sosialisasi Program Tuntas Yudisium

Di akhir, Ratna sangat bersyukur dengan sambutan para stakeholder di ITS yanng mampu memantapkan langkah UPT Bahasa dan Budaya ITS dalam menjalankan programnya. Ia berharap bahwa ke depan UPT Bahasa dan budaya makin mampu berkontribusi lebih baik dan lebih nyata dalam mendukung visi dan misi ITS. (*)

 Reporter: Sofyan Abidin

Redaktur: Heny Tri Hendardi

Berita Terkait