ITS News

Kamis, 25 April 2024
21 Maret 2021, 11:03

Bahas Rantai Pasok, ITS Gelar Konferensi Internasional

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Gita Widi Bhawika SST MMT memberikan sambutan di MOTIP02 hari ketiga.

Kampus ITS, ITS News – Serangkaian konferensi internasional bertajuk The 2nd International Conference on Management of Technology, Innovation, and Project (MOTIP02) telah selesai dilaksanakan pada Sabtu (27/2). Dihelat oleh Departemen Manajemen Teknologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), acara ini merupakan kegiatan berbasis akademik bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi untuk menyebarkan penemuan dan idenya dalam bidang rantai pasok dan manajemen teknologi.

Mengangkat tema Technology, People, and Innovation in Supply Chain Towards Meaningful and Impactful Scholarly Research Articles, Ketua Pelaksana MOTIP02, Gita Widi Bhawika SST MMT, mengungkapkan bahwa manajemen rantai pasok merupakan topik menarik yang akan sangat dibutuhkan dalam dunia industri dan proyek.

Ia juga menerangkan bahwa acara ini bertujuan untuk mempertemukan peneliti di bidang operasi dan manajemen rantai pasok, sehingga dapat berbagi proyek penelitian dan berkontribusi secara kolektif.

Tidak hanya diperuntukkan untuk masyarakat umum, dikatakan Gita, MOTIP juga merupakan wujud dukungan Departemen Manajemen Teknologi ITS kepada mahasiswa pasca sarjananya untuk melakukan konferensi internasional. “Sebagai salah satu program studi pasca sarjana, kami mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan konferensi pada tingkat internasional,” ungkapnya.

Pelaksanaan MOTIP02

Pihaknya menganggap, MOTIP02 membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mempresentasikan hasil proyek yang mereka lakukan di tempat kerja masing-masing. “Nyaris seratus persen mahasiswa kami juga bekerja atau berkecimpung di bidang industri,” terang dosen sekaligus Kepala Laboratorium Inovasi Teknologi dan Bisnis Departemen Manajemen Teknologi ITS tersebut.

Gita menyebutkan, MOTIP02 bekerja sama dengan 10th International Conference on Operations and Supply Chain Management (OSCM) dalam bentuk konferensi gabungan. Hal tersebut, imbuh Gita, mengharuskan para peserta MOTIP02 mengikuti konferensi yang diadakan oleh OSCM pada 14-15 Desember 2020 sebelum mempresentasikan penemuan dan idenya di Konferensi MOTIP02 pada 27 Februari 2021.

Melalui acara MOTIP02, Gita berharap ke depannya konferensi ini dapat dilaksanakan secara luring. Ia menceritakan, MOTIP adalah acara yang unik karena selalu dilaksanakan melalui video konferensi online. “Tapi yang paling penting, kita dapat meningkatkan kualitas MOTIP dengan cara menjangkau peserta lebih luas dan menaikkan tingkat publikasinya,” pungkas Gita. (*)

Reporter: ion8
Radaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait