ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
13 Maret 2021, 19:03

IKA ITS Latih Guru Siapkan Ujian Daring

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Salah satu pembicara, Marita Pratiwi MEd sedang menjelaskan penggunaan aplikasi Socrative kepada puluhan guru.

Kampus ITS, ITS News – Terus berkontribusi, Ikatan Alumni (IKA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) latih guru persiapkan ujian daring. Digelar hingga Sabtu (6/3), pelatihan ini merangkul 40 guru sekolah dasar (SD) asal empat sekolah di Banten dan Jawa Barat.

Koordinator pelatihan ini, Indah Suciati menyebutkan bahwa puluhan guru tersebut diajarkan untuk mengolah ujian melalui aplikasi Socrative. Menurutnya, aplikasi ini mudah diakses dan memiliki fitur yang cukup memadai. Di samping tampilannya yang juga menarik, peranti lunak ini turut memudahkan pekerjaan guru dalam memeriksa hasil ujian. “Mereka tidak perlu memeriksa (hasil ujian, red) secara manual lantaran nilai akan keluar secara otomatis,” sebutnya. 

Lebih dalam, kegiatan ini dibagi ke dua pertemuan. Tercatat, akhir Februari lalu, IKA ITS telah menggelar agenda serupa. Hanya saja, Indah berkata, guru-guru yang berpartisipasi dalam pelatihan tersebut masih ingin dibina lebih dalam. “Oleh karena itu, kami adakan pertemuan lanjutan agar guru-guru ini semakin mantap dalam menyiapkan ujian daring,” ujarnya yakin.

Kilas balik, Indah menceritakan bahwa agenda ini merupakan aksi lanjutan IKA ITS pasca mendonasikan sekitar 530 ponsel pintar bagi siswa kurang mampu. Yang mana menurutnya, setelah membantu siswa-siswa terdampak, IKA ITS juga harus menyiapkan elemen pendidikan lainnya yakni guru. “Hingga pada akhirnya kami menggandeng empat SD yakni SDN Pondok Kacang Barat 3, SDN Pondok Kacang Timur 1, SDN 2 Bojongmenteng, dan SDN Cidokom 1,” bebernya Kepada ITS Online.

Moto Anyar ITS, Advancing Humanity guna menjadi semangat memajukan kemanusiaan.

Terakhir, Indah mengharapkan agar program sosial seperti ini dapat terus berlanjut agar sesuai dengan implementasi moto ITS Advancing Humanity yang tengah dibanggakan institut. Indah menyatakan, IKA ITS hendak memajukan pengabdian kepada guru. “Seperti halnya pelatihan ini yang menjadi bukti nyata kepedulian IKA ITS bagi kemajuan pendidikan di Indonesia,” pungkas wanita ini. 

Reporter: ion6
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait